-->

10 Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah Dan Kulit

Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah pada dasarnya hampir sama persis dengan jenis buah lain yang mempunyai kandungan vitamin C serta mineral yang tinggi. Sebab tidak hanya dikonsumsi saja, melainkan pemanfaataanya bisa dikategorikan dalam masker alami sehingga bisa jadi salah satu alternatif yang bisa anda gunakan untuk merawat wajah anda agar tetap cantik, bersih, bebas jerawat dan menunda berbagai jenis tanda penuaan dini. Apa saja manfaat masker buah belimbing untuk kulit wajah? Mungkin beberapa daftar khasiat dibawah ini bisa membantu anda dalam menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

Belimbing merupakan salah satu buah konsumsi yang kaya akan vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, tidak sedikit pula manfaat yang bisa anda dapat jika secara rutin mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari. Dan hal ini sudah pernah kami bahas sebelumnya pada artikel (silahkan baca : Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan). Disitu anda akan melihat bahwa khasiat dari buah ini tidaklah main. Salah satu yang bisa anda peroleh ialah antioksidan yang baik untuk menguatkan sistem imun, meringankan sariawan, menurunkan demam, bersifat anti-kanker dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, yang menjadi pertanyaan inti adalah : Apa saja manfaat buah belimbing untuk wajah? Yuk lanjut saja membacanya.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah Dan Kulit

Jika dibahas secara ringkas, buah belimbing cukup membantu dalam merawat wajah anda khususnya dalam kategori kesehatan kulit. Beberapa diantaranya ialah sebagai pencegah penuaan dini, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat serta bisa mengontrol produksi minyak pada wajah. Dan mungkin hal ini juga serupa dengan keluarganya yaitu belimbing wuluh (lihat : 6 manfaat belimbing wuluh untuk wajah). Lebih lengkapnya silahkan anda lihat daftar manfaat dibawah ini.

10 Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah Dan Kulit

#1. Menyegarkan Kulit Wajah
Dalam hal ini buah belimbing bisa menghidrasi kulit. Didukung dengan kandungan air yang tinggi sehingga menjadikan kulit anda tetap lembab dan tidak mudah kering ataupun mengelupas. Jadi dengan begitu kulit anda akan tetap segar serta lebih cerah secara alami.

#2. Menghaluskan Kulit
Jika anda mempunyai masalah dengan kulit wajah yang kasar, mungkin bisa jadi hal terebut disebabkan oleh penggunaan jenis kosmetik yang salah atau memang dampak dari pola hidup serta bertambahnya usia. Namun hal tersebut sebenarnya wajar dan bisa terjadi pada semua orang tidak terkecuali kalangan wanita. Guna menjaga kulit wajah anda tetap halus dan lembut, ada baiknya jika anda menerapkan masker dari buah belimbing.

#3. Mengurangi Produksi Minyak Wajah
Kondisi kulit wajah orang mempunyai tingkat yang berbeda. Kadang ada yang sangat berminyak (tergolong dalam kulit berminyak) dan ada pula yang mempunyai wajah yang kering (kulit wajah yang kering). Seperti manfaat lain untuk menghidrasi kulit, minyak berlebih pada wajah haruslah terkontrol agar tidak muncul gejala lain seperti muncul jerawat dan wajah terlihat sangat lusuh. Jadi intinya penerapan masker belimbing akan membuat wajah anda mengurangi produksi minyak berlebih.

#4. Mengatasi Jerawat Pada Wajah
Masalah yang satu ini merupakan hal umum dan memang sering dikeluhkan oleh semua kalangan khususnya pada remaja. Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh perubahan hormon (biasanya waktu akan memasuki masa haid), minyak berlebih dan juga kurangnya menjaga kebersihan wajah. Nah, buah belimbing mempunyai kandunga vitamin C yang fungsinya untuk membersihkan serta mengurangi radang yang disebabkan oleh jerawat.

#5. Mencerahkan Kulit Wajah
Anda mempunyai kulit yang gelap? Atau wajah anda terlihat redup dan tidak cerah? Masalah ini bisa jadi karena memang kondisi kulit anda yang tidak sehat atau bisa juga karena terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab sinar matahari siang mengandung UVA dan UVB yang bisa merusak dan membakar kulit sehingga menjadikan wajah anda tampak lebih gelap. Bagaimana cara untuk mengembalikan wajah putih crah anda? Solusi alami ialah dengan masker buah belimbing.

#6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Mempunyai kulit dengan ukuran pori yang besar mungkin akan sedikit mengganggu penampilan anda. Sebab dengan begitu anda akan merasa minder atau kurang rasa percaya diri. Lubang pori ini membuat wajah tampak kasar serta kotoran yang menempel lebih mudah menumpuk. Untuk sedikit mengecilkan ukuran pori, mungkin buah belimbing bisa menyelesaikan masalah anda.

#7. Mengangkat Sel Kulit Mati
Perlu anda tahu, sel kulit mati yang masih menempel pada wajah akan membuat wajah anda kasar atau terparahnya terlihat seperti bersisik karena terkadang terjadi pengelupasan. Manfaat masker belimbing ini mempunyai manfaat untuk meregenerasi sel kulit serta mengangkat sel yang masih menempel atau tersisa pada wajah. Dengan begitu wajah anda akan lebih bersih dengan sempurna.

#8. Menyamarkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Timbulnya noda atau bintik hitam diwajah bisa disebabkan oleh lapisan kulit muda dan terpapar sinar matahari secara langsung (lihat dulu : 11 Cara Menghilangkan Flek Hitam). Hal ini akan membuat kulit tersebut mudah terbakar dan berubah warna menjadi hitam. Nah, jerawat menjadi salah satu pemicu pengelupasan kulit (bekas luka) karena biasanya jerawat yang meradang akan meninggalkan luka. Untuk memudarkan flek hitam wajah bisa dengan menggunakan bahan alami yang salah satunya ialah buah belimbing.

#9. Membuat Kulit Wajah Lebih Kenyal
Masker buah belimbing akan membuat kulit wajah anda lebih kenyal. Hal ini karena elastisitas kulit tetap terjaga. Nah, bagi anda yang ingin mempunyai wajah tetap kencang, mungkin buah ini bisa dijadikan bahan sebagai salah satu terapi perawatan alami. Berminat? maka siap-siap untuk mendapat kulit wajah lebih kencang dan kenyal.

#10. Menunda Penuaan Dini
Kandungan beberapa mineral dan vitamin pada belimbing akan membuat wajah anda terhindar dari segala tanda-tanda penuaan. Salah satu kegunaan yang bisa anda peroleh ialah terhindar dari keriput, garis halus, dan juga memaksimalkan kesehatan kulit khususnya wajah.


5 Cara Membuat Masker Buah Belimbing

Jika anda melihat dari banyaknya manfaat diatas, pastinya anda juga akan bertanya-tanya akan bagaimana cara membuat masker dari buah belimbing. Meski sebenarnya pembuatan serta penggunaan hampir sama persis dengan jenis masker yang lain. Namun tidak afdol rasanya jika kami tidak menjabarkannya untuk anda. Nah, masker belimbing bisa anda buat tanpa campuran atau juga dipadukan dengan bahan yang lain agar hasil bisa lebih optimal. Bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak resep sederhana berikut :

# Cara Membuat Masker Buah Belimbing Alami Tanpa Campuran
Dikarenakan buah ini mempunyai kandungan vitamin yang lengkap (ada vitamin C dan E), maka sangat cocok untuk dijadikan alternatif masker alami yang bisa merawat kulit wajah. Cara pertama ialah memilih buah belimbing yang masih segar, iris tipis dan dihaluskan dengan blender. Bubuhkan pada wajah secara merata dan didiamkan paling tidak selama 30 menit sebelum dibersihkan.

# Cara Membuat Masker Buah Belimbing Dengan Madu
Paduan kedua bahan ini terbukti ampuh dalam menghilangkan flek hitam, melembabkan, menangkal radikal bebas, dan juga merawat kulit agar tidak mudah rusak. Cara membuat ialah dengan menghaluskan buah belimbing yang sudah matang (berwarna kuning) kemudian dicampur dengan 3sdm madu. Aduk rata dan terapkan pada wajah selama kurang lebih 20 menit.

# Cara Membuat Masker Buah Belimbing Dengan Minyak Zaitun
Minnyak zaitun bisa menjaga kekencangan kulit dan juga memaksimalkan fungsi dari buah belimbing guna mencegah penuaan dini. Sedangkan untuk meracik ialah dengan menghaluskan 1 buah belimbing dan di aduk dengan 3sdm minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah selama 30 menit sebelim dibilas.

# Cara Membuat Masker Buah Belimbing Dengan Gula
Mungkin anda tidak menyangka bahwa gula pasir bisa digunakan untuk masker. Padahal gula pasir sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit. Jika dipadukan dengan buah belimbing maka akan memaksimalkan fungsi dari keduanya. Cara membuatnya pun mudah, haluskan buah belimbing dan tambah sedikit gula pasir. Selanjutnya oleskan pada wajah secara merata dan dibiarkan hingga mengering sebelum dicuci bersih.

# Cara Membuat Masker Buah Belimbing Dengan Lemon
Tidak hanya lemon, namun bisa juga diganti dengan jeruk nipis karena kedua buah ini mempunyai vitamin C yang sifatnya membersihkan serta menghindarkan wajah dari masalah jerawat. Pertama anda haluskan buah belimbing dan beri perasan air jeruk lemon. Aduk hingga rata dan digunakan pada wajah sebagai masker. Diamkan hingga mengering dan bilas.

Demikianlah sedikit ulasan terkait 10 Manfaat Buah Belimbing Untuk Wajah Dan Kulit. Semoga bisa membantu dan menjadi salah satu referensi untuk mendapat wajah lebih cantik secara alami. Jangan lupa di share ya!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter