Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak bisa menggunakan berbagai bahan alternatif yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Salah satunya ialah dengan menggunakan air garam sebagai obat kumur. Hal ini bertujuan guna membunuh dan menyingkirkan bakteri yang terdapat pada sela-sela gigi yang merupakan penyebab dari membengkaknya gusi. Nah oleh karena begitu banyaknya keluhan mengenai cara mengatasi gusi bengkak, maka pada kesempatan ini kami akan menyajikan sedikit referensi dimana bisa anda gunakan sebagai penyelesaian masalah terutama untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak.

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Gusi (Gingiva) adalah jaringan mukosa yang menutupi tulang maksila dan mandibula didalam rongga mulut. Namun jika dibahas secara singkat, gusi merupakan pembungkus tulang dan rahang gigi yang berfungsi untuk menjaga dan menata gigi agar terlihat lebih rapi. Penampakan gigi tergantung dari bentuk gusi dan hal ini biasanya ditentukan oleh faktor genetik sehingga kemungkinan orang mempunyai gigi tonggos, jarang dan lain sebagainya. Nah jika gusi pada gigi kita bengkak, sebenarnya bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling umum disebabkan oleh gingivitis, kehamilan, malnutrisi dan juga infeksi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak saja rangkaian kalimat berikut.

Apa saja Penyebab dari Gusi Bengkak?
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, gigi gusi yang bengkak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun penyebab tersebut diantaranya :
  1. Gingivitis : Gejala ini merupakan suatu radang atau pembengkakan pada gusi yang disebabkan oleh iritasi. Memang pada awalnya hanya menimbulkan gejala atau dampak yang ringan, namun jika dibiarkan maka berangsur akan membuat gigi anda copot. Jadi sedari dini harus diambil langkah atau bisa menggunakan alternatif pengobatan.
  2. Malnutrisi : Merupakan dampak yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C yang cukup. Jika tubuh terus-menerus kekurangan vitamin B dab C, maka akan memicu penyakit gusi dan terparah juga terjadi anemia.
  3. Kehamilan : Anda mungkin tidak sadar bahwa kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab dari membengkaknya gusi. Hal ini karena terjadi perubahan hormon secara drastis dalam tubuh yang berakibat pada gusi bengkak dan berdarah.
  4. Infeksi : Hal ini diakibatkan oleh pertumbuhan virus dan bakteri yang terlalu meningkat dalam mulut. Salah satu faktor penyebab bisa saja karena kurangnya perawatan dan jarang membersihkan gigi.
Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Beberapa diantaranya ialah dengan menggunakan bahan alami berikut :

1. Air Garam
Mungkin anda tidak sadar bahwa air garam dapur mempunyai sifat anti-septik yang bisa membunuh bateri dan kuman dalam mulut. Manfaat air garam lainnya ialah sebagai penghilang nyeri dan meredakan radang pada saat terjadi sakit pada gigi maupun gusi. Sedangkan untuk menggunakannya cukup dengan menyeduh garam dapur secukupnya dengan air hangat kemudian jadikan obat kumur yang bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

2. Lada Hitam Dan Minyak Cengkeh
Paduan kedua bahan ini dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi radang gusi khususnya pada gigi yang berlubang. Untuk cara penerapan bisa dengan mencampurkan sedikit bubuk lada hitam dengan minyak cengkih, kemudian aduk hingga sedikit cair (tambahkan air hangat jika terlalu kental). Selanjutnya gunakan kapas untuk membubuhkan ramuan tersebut pada area gusi yang sakit.

3. Daun Sirih
Bahan ini memang sudah umum dijadikan ramuan tradisional yang kaya akan manfaat. Berbagai kemampuannya dalam merawat tubuh sudah terbukti dan memberikan hasil yang maksimal. Nah bagaimana cara menggunakan daun sirih sebagai obat gusi bengkak? Sebenarnya sederhana saja, cukup rebus daun sirih, rimpang kunyit dan sedikit garam dengan air hingga mendidih. Gunakan sebagai obat kumur (paling pas jika masih hangat).

4. Baking Soda
Bahan sederhana ini merupakan salah satu obat tradisional yang masih eksis sampai sekarang. Penggunaan sama persis dengan yang lain yaitu dijadikan obat kumur dimana fungsinya untuk membunuh kuman dan bakteri pada gusi yang bengkak.

5. Bawang Putih
Rempah atau bumbu dapur yang satu ini mempunyai kemampuan yang cukup ampuh untuk meredam radang pada gusi. Efek yang didapat memberi kesan hangat dimana fungsi ini sangat baik untuk mengurangi nyeri dan rasa sakit pada saat sakit gigi. Penggunaan cukup dengan mengiris bawang putih kemudian oleskan pada pipi yang bengkak.

Bagaimana cara merawat dan mengobati gusi yang bengkak?
Sebenarnya semua hal yang terjadi pada tubuh tergantung dengan kebiasaan sehari-hari kita. Namun untuk menghindari terjadinya pembengkakan atau radang pada gusi, ada baiknya jika anda mengikuti tips-tips sederhana berikut :
  1. Usahakan menyikat atau flossing gigi dengan lembut agar tidak terjadi luka atau infeksi pada gusi.
  2. Mengopres dengan air hangat pada bagian pipi (jika sudah terjadi pembengkakan).
  3. Berkumur dengan air garam agar bakteri atau kuman dalam mulut mati.
  4. Perbanyak minum air putih sehingga rongga mulut tetap basah dan mencegah munculnya bakteri penyebab gusi bengkak.
  5. Hindari kegiatan yang tidak sehat penyebab iritasi yang salah satunya ialah Minum alk0hol, merokok, dll.
Masalah lain yang sering terjadi pada gigi ialah Karang Gigi yang membandel dan sulit untuk dibersihkan. Dan hal ini bisa juga menjadi salah satu penyebab yang akhirnya memunculkan radang atau bengkak pada gusi. Oleh karena itu, rajinlah merawat mulut khususnya dalam menjaga kebersihan gigi. Sikat gigi minimal 2x sehari tiap pagi saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Demikianlah bahasan mengenai Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit referensi sebelum anda berobat pada dokter. Jangan lupa dishare jika artikel ini bermanfaat...! Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *