8 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat Dan Beneran Ampuh

Cara Membersihkan Karang Gigi mungkin bisa dilakukan dengan berbagai terapi. Salah satunya ialah dengan menggunakan bahan herbal yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak informasi dan pengetahuan agar pemicu timbulnya karang gigi juga bisa dicegah supaya gigi kita bisa lebih sehat, bersih dan tentunya akan terlihat lebih putih bersinar. Sebelumnya kami sudah membahas mengenai 18 Obat Herbal Alami untuk Meringankan Sakit Gigi, namun rasanya tidak lengkap jika hanya sampai disitu saja, oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit referensi terkait tentang bagaimana cara menghilangkan karang gigi tersebut. Untuk lebih singkatnya, berikut rangkuman yang bisa anda baca.

8 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat Dan Beneran Ampuh

Dirangkum dari Wikipedia, Karang Gigi atau Kalkulus gigi merupakan plak yang terbentuk dari zat kapur yang berada di air liur. Namun tidak hanya itu saja, melainkan juga sisa kotoran atau makanan yang menempel pada gigi yang kemudian mengeras dan membentuk serpihan kecil berwarna kuning. Kadang sewaktu-waktu karang gigi akan mengelupas dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada mulut sehingga butuh langkah khusus untuk membersihkan karang gigi tersebut secara maksimal. Plak sendiri terdiri dari beberapa lapisan bening di gigi dan juga sekumpulan kuman didalam mulut. Dalam mulut terdapat sekitar 350 lebih jenis kuman yang menyebabkan karies. Dan jika sela-sela gigi terdapat sisa makanan yang menempel serta tidak dibersihkan, maka kuman akan mencerna makanan tersebut yang lama-kelamaan akan berubah menjadi karang gigi. Nah, bentuknya sangat keras dan menempel sangat kuat pada gigi sehingga sangat sulit untuk dibersihkan oleh orang awam sehingga butuh tenaga ahli atau dokter untuk mengatasi hal tersebut. Namun sebelumnya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa anda gunakan dalam usaha mengangkat karang gigi. Salah satunya yaitu dengan bahan alami berupa buah, serta mungkin ada beberapa lain yang akan kami rangkum pada keterangan dibawah ini.

Apa saja Penyebab Karang gigi?
Jika kita pikirkan bersama, sebenarnya karang gigi terbentuk karena kegiatan kita yang kurang memperhatikan kebersihan gigi. Salah satunya ialah malas dalam menggosok gigi, jarang berkumur, makan makanan yang lengket pada gigi (salah satunya ialah makanan manis) serta kegiatan kurang sehat lain seperti merokok dan lain sebagainya. Jadi semua berawal dari sifat buruk kita dan untuk menanggulangi tersebut sangatlah sulit atau bahkan harus melakukan cara-cara khusus untuk mengatasinya.

Apa saja dampak dari karang gigi untuk kesehatan?
Mungkin pada awalnya tidak akan kita rasakan secara spontan. Namun dalam jangka panjang, karang gigi sangat memberikan efek buruk. Yang paling terlihat adalah terjadi perubahan warna gigi yang menjadi menguning atau cokelat, menyebabkan gigi mudah goyah dan mudah tanggal (copot) (sudah tahu belum kalau gigi copot bisa dipasang lagi?)karena penurunan gusi, Gusi berdarah dan bengkak (khususnya pada saat menyikat gigi), menyebabkan gigi berlubang, serta menimbulkan bau mulut yang sangat tidak sedap.

Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat Dan Beneran Ampuh:

  1. Rajinlah membersihkan dan menggosok Gigi minimal 2x sehari khususnya pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Percaya atau tidak, menggosk gigi akan mengangkat kotoran atau bekas makanan yang menempel pada gigi, selain itu juga bisa mengurangi kuman pada mulut. Gosoklah dengan benar dan usahakan pada bagian belakang (dalam gigi) karena biasanya karang gigi akan lebih banyak pada bagian belakang gigi.
  2. Berkumur Secara rutin setelah makan. Mungkin cara ini bisa meminimalkan penumpukan sisa makanan dan juga mengikis karang gigi pada mulut. Namun sebelumnya anda juga harus mengetahui Cara Berkumur Yang Baik Dan Benar.
  3. Menghindari rokok dan mengkonsumsi kopi karena kegiatan ini sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan khususnya untuk gigi. Selain merubah warna, kopi dan rokok juga menjadi salah satu pemicu terbentuknya karang gigi. Untuk mengatasinya, perbanyak minum air putih agar kesehatan gigi tetap terjaga.
  4. Menggosok Karang Gigi dengan kulit Jeruk. Kulit buah yang satu ini mempunyai multi fungsi yang sangat baik untuk menghilangkan karang gigi dan juga bau mulut. Cara menggunakan hanyalah dengan menyiapkan kulit jeruk secukupnya dan gosokkan pada bagian gigi terdalam. Bisa dilakukan setelah makan atau juga malam hari sebelum tidur.
  5. Mengkonsumsi Buah Apel, Strowberi, dan Melon. Kesemua bahan ini mempunyai kemampuan untuk membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Cara penerapan ialah dengan mengunyah yang kemudian didiamkan sejenak agar bisa meresap. Memang hasil tidak didapat secara spontan, namun jika dilakukan secara rutin, maka karang gigi akan copot dengan sendirinya.
  6. Mengunyah sayur khususnya tomat dan wortel. Hampir serupa dengan buah-buah diatas, sayur ini juga mempunyai fungsi cukup baik untuk menghilangkan karang gigi. Cara menggunakan cukup mengunyah dalam keadaan segar (tanpa harus dimasak).
  7. Mengunyah Biji Wijen yang kemudian dilanjutkan dengan menyikat sembari membiarkan bibi wijen didalam mulut. Ibarat odol (pasta gigi) wijen yang dikunyah mempunyai kemampuan cukup baik untuk membersihkan karang gigi.
  8. Cengkeh Dan Asam Jawa. Cara penerapan sangatlah sederhana, cukup gosokkan salah satu bahan kemudian didiamkan sejenak sebelum dibilas atau dibersihkan.

Sebenarnya masih banyak lagi tips-tips dalam membersihkan karang gigi yang bisa anda lakukan. Seperti menggunakan pasta gigi khusus, flossing (yaitu membersihkan karang gigi dengan benang khusus, serta Scalling dimana cara ini menggunakan cairan khusus dan dilakukan oleh ahli (dokter gigi).

Demikianlah artikel singkat mengenai 8 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat Dan Beneran Ampuh. Semoga bisa membantu dan memberi sedikit petunjuk bagi anda untuk hidup lebih sehat dan menjaga kebersihan gigi. Tinggalkan komentar jika anda ingin bertanya dan menambahkan. Terima kasih!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *