-->

Manfaat Dan Khasiat Akar Kucing Bagi Kesehatan

Akar Kucing merupakan salah satu tanaman obat yang kaya akan manfaat dan kebaikan. Beberapa khasiat dari tanaman akar kucing ini dipercaya bisa menyembuhkan disentri, luka, batuk darah dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan pada postingan kali ini kami akan merangkum secara detail mengenai apa itu akar kucing serta kumpulan fungsi serta kandungan didalamnya. Jadi untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat, mungkin artikel ini bisa sedikit berguna sebagai salah satu referensi untuk memperbanyak pengetahuan tentang apotik hidup yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar.

Manfaat Dan Khasiat Akar Kucing Bagi Kesehatan

Tanaman kucing-kucingan ini tidak hanya berdampak baik pada kesehatan saja, melainkan juga berimbas pada dunia kecantikan yang salah satunya ialah menjaga kesehatan kulit. Contohnya ialah mencegah gatal-gatal yang disebabkan jamur sebagai pemicu kerusakan kulit dan juga menjaga kekencangan serta kelembapan kulit seluruh tubuh. Jadi boleh dibilang herba akar kucing ini cukup besar manfaatnya bagi kehidupan kita. Seperti apa sih akar kucing itu? Yuk langsung simak keterangan berikut!

Akar kucing merupakan sejenis rumput yang tumbuh secara liar dipinggiran jalan, tepi bangunan (rumah), pekarangan dan juga tempat terbuka lain yang tidak terurus. Masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah disebut Acalypha Australis L. Sedangkan nama lokal sering dikenal juga dengan sebutan ceng-kocengan, lelatang, cekamas, dan teng-antengan. Meskipun bisa didapat dengan mudah, namun banyak dari kalangan masyarakat yang tidak paham akan manfaat tersembunyi pada akar kucing ini. Ciri bisa melihat lampiran diatas, namun sepintas daun berbentuk bulat (hati) berwarna hijau, ketinggian batang rata-rata sekitar 50cm berwarna hijau agak putih dan bunga berkelompok menyerupai tandan.

Semua bagian tanaman bisa dipakai sebagai obat, dari mulai daun, bunga, akar, biji dan juga batangnya. Penggunaan juga bisa dengan 2 metode, yaitu dikeringkan dan dimasak dalam keadaan segar sebagai jamu herbal. Dengan mengkonsumsi teng-antengan sebagai obat, maka akan memperoleh berjuta kebaikan yang ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Penasaran? Berikut ringkasannya!

Manfaat Dan Khasiat Akar Kucing Bagi Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk menyembuhkan kencing darah (hematuria)
  2. Membunuh bakteri dan kuman berbahaya bagi tubuh, fungsi ini karena akar kucing mempunyai sifat antibakteri yang terbilang ampuh.
  3. Mengatasi segala jenis penyakit kulit seperti gatal, jamur, dan lain-lainnya.
  4. Sebagai peluruh seni yang baik untuk melancarkan saluran kencing (diuretik).
  5. Mempercepat penyambuhan luka khususnya luka bakar.
  6. Menghentikan diare (murus) begitupun sebalinya yaitu mencegah sembelit.
  7. Menghentikan pendarahan pada saat mimisan (epistaksis)
  8. Mengurangi gejala penyakit muntah darah (hematemesis).
  9. Menanggulangi penyakit terkait dengan gangguan sistem pencernaan (dispepsi).
  10. Menyembuhkan malaria dan disentri (berak berlendir/berdarah) dan wasir.
  11. Menambah selera makan dan membantu menaikkan berat badan.
  12. Mengatasi peradangan (anti-inflamasi).
Resep dan Cara penggunaan :
  • Penyakit Kulit (Eksim dan Korengan) : Siapkan 1 batang akar kucing utuh kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa separuh dan minum selagi hangat. Jangan lupa disaring dulu ya.!
  • Diare dan Disentri : Sediakan 60gr tanaman kucing-kucingan kering. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring dan minum 2x sehari @1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Radang, Luka dan Gigitan Ular : Ambil 1 pohon akar kucing yang kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit gula pasir dan bubuhkan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Susah BAB (Sembelit) : Potong kecil-kecil 1 batang kucing-kucingan kemudian rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Selanjutnya saring dan minum selagi hangat.
Nah, cukup sekian untuk Manfaat Dan Khasiat Akar Kucing Bagi Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa berguna bagi orang yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter