Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Tanaman Obat Keputihan memang menjadi salah satu alternatif paling aman yang bisa digunakan dalam mengatasi jenis penyakit yang umum dialami oleh kaum wanita ini. Perlu diketahui, keputihan merupakan penyakit yang tejadi pada organ kewanitaan disebabkan oleh infeksi virus, kuman, atau bakteri yang terdapat pada bagian luar organ. Dan jika bakteri tersebut sampai masuk, maka akan berdampak buruk sehingga menimbulkan peradangan (pembengkakan) dan menyebabkan si penderita akan merasa perih pada saat buang air kecil. (Baca Juga : Penyebab Dan Pencegahan Keputihan Pada Wanita) Dampak lain yang sangat umum yaitu menimbulkan aroma tidak sedap, kemandulan atau bahkan bisa juga menyebabkan kematian. Maka dari itu, meski terbilang penyakit ringan, maka kita tidak boleh menganggap remeh dan buru-buru mengambil langkah agar gejala yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Ada banyak sekali obat herbal yang bisa kita gunakan untuk mengatasi gejala keputihan. Salah satunya ialah daun sirih, kunyit dan akar bayam. Bahan ini sudah terbukti dan bahkan bisa 100% menyembuhkan. Memang sangat sederhana sih, Apalagi bahan tersebut sangat mudah kita dapat dan mungkin bahan-bahan tersebut tidak kita sadari. Padahal melalui manfaat tanaman tersebutlah kecantikan dan kesehatan tubuh kita bisa dimaksimalkan. Sehingga secara tidak langsung kita akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala serangan jenis penyakit yang berbahaya. Maka dari itu, untuk sekedar memberi informasi dan menambah wawasan mengenai tanaman obat, Kali ini kami akan merangkum sedikit tentang Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan. Apa saja sih obat alami tersebut? Yuk kita langsung cek rincian berikut!

Beberapa Jenis Obat Herbal Alami Untuk Menyembuhkan keputihan :
  1. Kunyit : Salah satu jenis rimpang yang satu ini mempunyai sifat mendinginkan yang juga berfungsi sebagai anti bakteri. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup sediakan sekitar 2 rimpang kunyit yang di iris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air mendidih. Untuk memaksimalkan bisa juga menambahkan gula aren dan pucuk daun asam jawa. Dinginkan kemudian air tersebut diminum setiap hari sebelum tidur.
  2. Bawang Putih : Bumbu dapur berikut cukup ampuh sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas seperti kuman dan bakteri. Cara menggunakan yaitu dengan mengupas dan menghaluskan bawang putih secukupnya, bubuhkan pada area kewanitaan dan diamkan sejenak. Selanjutnya bilas hingga bersih. Atau jika anda kuat (karena menimbulkan efek panas), bisa juga membubuhkannya sebelum tidur serta membiarkannya hingga pagi hari atau bangu tidur.
  3. Daun Sirih : Ada banyak cara untuk menggunkan bahan tradisional ini. Salah satunya yaitu dengan diolah menjadi jamu bernama Kunci Suruh. Cara membuatnya cukup mudah, cukup siapkan temu kunci dan daun sirih secukupnya kemudian haluskan dengan langkah ditumbuk. Rebus hingga mendidih, saring dan minum. Atau bagi anda yang tidak butuh langkah rumit, bisa juga dengan merebus daun sirih kemudian gunakan air tersebut untuk membasuh daerah kewanitaan.
  4. Akar Mawar : Bahan yang satu ini memberi efek untuk mengurangi rasa gatal pada saat keputihan. Caranya cukup dengan merebus dan meminum air tersebut secara rutin.
  5. Akar Bayam : Jenis obat herbal yang satu ini sangat umum digunakan karena mempunyai kendungan anti-bakteri yang sangat tinggi. Cukup dengan membuat jus dan meminumnya, bisa meringankan gejala serta menyembuhkan keputihan pada kaum wanita.
  6. Biji Ketumbar : Bumbu dapur yang satu ini juga tidak kalah dengan bawang putih. Penggunaannya bisa dengan merendam selama satu malam dan meminumnya di pagi hari saat perut masih kosong.
  7. Sambiloto : Daun tanaman ini mempunyai rasa yang sangat pahit namun banyak digunakan dalam ramuan herbal yang kaya akan manfaat. Cara membuat sangat mudah, siapkan sekitar 1 genggam daun sambiloto dengan paduan daun jengger ayam. Haluskan kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Diamkan dan minum 2x sehari secara rutin.
  8. Biji Kurma : Banyak yang tidak sadar bahwa biji buah yang satu ini sangatlah bermanfat. Umumnya dibuang padahal mempunyai khasiat yang cukup besar. (Baca : Khasiat Biji Kurma Untuk Kesehatan) Caranya yaitu dengan menyeduh bubuk biji kurma sebagai teh dan meminumnya secara rutin.
  9. Lidah Buaya : Untuk menggunakan bahan ini bisa dijadikan jus dengan cara mengupas serta mengambil dagingnya. Sebagai penghilang rasa eneg bisa menambahkan madu atau susu.
Sebenarnya masih banyak lagi bahan yang bisa digunakan seperti : Biji buah pinang, Bunga tasbih, Daun Pecut kuda, Beluntas, Buah kelengkeng, rambutan, bunga sepatu dan lain sebagainya. Namun karena kendala waktu, mungkin untuk saat ini kami cukupkan dulu, semoga dilain kesempatan kami bisa lakukan update dan memperbarui artikel sederhana ini.

Baca Juga :
Demikianlah Sepintas mengenai Tanaman Obat Herbal Untuk Mengatasi Keputihan. Jangan lupa dishare jika tulisan kami ini membantu. Terima kasih dan salam sehat selalu!

Contact Form

Name

Email *

Message *