-->

14 Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Manfaat Lamtoro atau Petai Cina memang sudah tidak asing lagi. Beberapa dari khasiat petai cina ialah dipercaya cukup ampuh untuk mengatasi diabetes, disentri, radang ginjal, insomnia dan bahkan juga baik untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan, kali ini kami akan menulis sedikit tentang apa itu lamtoro, kandungan gizi didalamnya, seperti apa klasifikasinya dan juga manfaat serta khasiat yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsi herbal ini. Panasaran? Yuk lanjut saja membacanya!

14 Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Lamtoro / Petai cina adalah tanaman perdu yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah dengan sebutan Leucaena leucocephala L. Bisa tumbuh didaerah tropis yang diduga berasal dari Amerika yang kemudian menyebar hingga daratan Asia khususnya Indonesia dan Malaysia. Jika di Negara Tetangga tanaman ini dikenal dengan petai belalang, sedangkan beberapa nama lokal di Indonesia sering disebut juga dengan Pete cenah, kalandhingan, petai selong, kemlandingan, lantoro, petai jawa, lamandro dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan Lupa lihat Juga : 17 Manfaat Dan Khasiat Sayur Zukini Bagi Kesehatan

Sedangkan ciri yang bisa dikenali dari tanaman ialah bentuk pohon yang perdu dengan ketinggian batang mencapai hingga 20m. Kulit batang berwarna cokelat bergaris, jika sudah tua kayu pohon ini mempunyai kualitas bagus sehingga sering juga dipakai sebagai bahan perabot rumah. Daun menyirip majemuk kecil berhadapan. Berbunga bongkol dan buahnya polong. Pemanfaatan sehari-hari biasanya sering diapakai sebagai pakan ternak pada bagian daun, pengobatan herbal dan juga sayur yang mempunyai cita rasa yang boleh dibilang tidak kalah dengan jenis sayuran lain.

Apa saja kandungan gizi pada lamtoro?
Jika dikutip dari berbagai sumber, pada tanaman ini ditemukan banyak sekali senyawa alami dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh. Jadi tidak heran jika petai cina juga sering difungsikan sebagai ramuan herbal yang kaya akan khasiat. Pada getahnya saja (getah bening yang didapat dari ujung daun) bisa dipakai untuk menyembuhkan luka yang disebabkan oleh benda tajam. Kandungan nutrisi pada lamtoro diantaranya : karbohidrat, lemak, zat besi, vitamin C, Vitamin A, Vit.B1, fosfor, kalsium, dan protein. Serta senyawa seperti Saponin, Flavonoid dan Tanin.

Nah dengan melihat banyaknya kandungan pada lamtoro diatas, pastinya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa betapa melimpahnya kegunaan bagi tubuh kita. Untuk lebih ringkas dan paham betul apa saja manfaat petai cina, berikut kami sudah merangkum beberapa lampiran yang mungkin saja bisa membantu. Yuk simak sama-sama!

14 Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan :
  1. Mengurangi dan menyembuhkan gejala diabetes. Sebab kemampuan dari lamtoro bisa menurunkan kadar gula darah sehingga cocok untuk penderita diabetes tersebut.
  2. Bersifat analgesik yang ampuh untuk meredam rasa nyeri yang diakibatkan oleh luka, pusing dll.
  3. Kaya akan kandungan vitamin C yang juga berguna untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem umun sehingga daya tahan tubuh lebih kuat.
  4. Bersifat anti-kanker yang ampuh untuk mencegah perkembangan sel tumor dan kanker dalam tubuh.
  5. Mengatasi peradangan khususnya untuk radang ginjal.
  6. Menghentikan disentri yaitu terjadinya pendarahan atau lendir pada feses.
  7. Membunuh dan mengeluarkan cacing dalam perut dan usus atau lebih singkatnya baik untuk penderita cacingan.
  8. Melancarkan haid atau datang bulan yang tidak teratur.
  9. Menjaga kesehatan kulit sehingga tetap halus dan lembab.
  10. Mengatasi gejala insomnia dan menjadikan tidur lebih nyenyak dan berkualitas.
  11. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah sehingga baik untuk mencegah hipertensi.
  12. Menjaga kesehatan tulang dan gigi, baik untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  13. Menjaga daya ingat dan meningkatkan konstrasi serta pola pikir.
  14. Menjaga kesehatan mata serta mengembalikan kejernihan pandangan.
Bagaimana resep dan cara menggunakan petai cina sebagai obat? Sebenarnya penggunaan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi daun atau buahnya sebagai sayur. Namun alternatif lain juga bisa dengan cara sederhana yang salah satunya sebagai berikut :
  • Diabetes : Siapkan biji lamtoro kering kemudian disangrai. Haluskan dengan cara ditumbuk sehingga lebih halus dan berbentuk bubuk. Dan langkah akhir dengan menyeduh dengan air mendidih (pengganti kopi), sangat baik jika diminum sebelum makan.
  • Insomnia : Siapkan daun dan biji lamtoro secukupnya, rebus kemudian diminum.
  • Disentri : Sediakan 15gr biji lamtoro dan 30gr rumput krokot. Cuci kemudian rebus dengan segelas air hingga mendidih (15 menit). Saring dan bisa diminum 2x sehari pagi dan sore.
Demikianlah artikel singkat mengenai 14 Khasiat Dan Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan. Untuk info lain anda bisa baca : Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter