Cara Merawat dan Memperbaiki Kuku Yang Rusak Dan Rapuh

Cara Merawat Kuku memang salah satu treatment yang perlu diketahui khususnya oleh kalangan ladies yang selalu ingin tampil cantik secara sempurna. Tidak hanya pada kuku tangan saja, melainkan kuku kaki juga perlu dijaga dan diperbaiki secara tepat jika sudah rusak, rapuh atau bahkan mengelupas. Jadi untuk postingan kali ini, kami akan mencoba berbagi sedikit tips yang bisa digunakan dalam memperbaiki dan menjaga kuku agar tidak mudah rusak dan patah. Penasaran? Yuk lanjut saja membaca agar lebih banyak pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan umumnya pada dunia kecantikan.

Kuku rusak bisa disebabkan oleh beberapa fakor, salah satunya ialah karena sering menggunakan sepatu tertutup pada kuku kaki, infeksi jamur, dan juga sering gonta-ganti kuku palsu yang penggunaannya menggunakan lem. Ciri-ciri kuku rusak bisa dikenali dengan semakin rapuh, mudah patah, dan tambah tebal serta kaku. Sedangkan kuku sehat akan lebih lentur, dan tidak mudah patah. Maka dari itu, kita harus rajin melakukan perawatan yang tentunya akan menjadikan kuku kita sehat dan terlihat lebih indah.

Cara Merawat dan Memperbaiki Kuku Yang Rusak Dan Rapuh

Adakalanya juga kuku kaki rusak atau mengelupas karena kesandung, tertimpa barang berat atau juga dijatauhi batu atau terkena palu. Hal ini menyembabkan kuku menghitam dan bahkan berganti dengan kuku yang baru. Dan paling sering juga ialah terjadinya infeksi pada kuku kaki yang terserang jamur sehingga menimbulkan bau tidak sedap bahkan bisa terasa sakit. Hal ini umum jika kuku kita sering terendam pada kubangan lumpur akibat hujan atau juga karena banjir serta penularan dari kaos kaki yang tidak bersih (jarang dicuci). Dan masih banyak lagi penyebab lain yang mungkin tidak kita sadari.

Bagaimana merawat kuku agar tidak kaku, keras dan mudah patah?
Ada beberapa treatment sederhana yang perlu sobat lakukan. Beberapa diantaranya ialah :
  1. Jaga kebersihan kuku dengan cara memotong secara rutin dan juga mencucinya jika terkena kotoran. Ada baiknya juga mencuci tangan dan kaki setelah melepas sepatu agar kuman tidak mudah berkembang.
  2. Menjaga kelembapan kuku dengan menerapkan pelembab (hand body) ketika sesaat sebelum tidur. Cara ini akan mencegah kuku menjadi kering dan tentunya menjaga agar kuku tetap lentur.
  3. Jika terjadi infeksi pada kuku, alangkah baiknya jika menggunakan sepatu yang depannya terbuka atau paling tidak lebih baik menggunakan sendal.
  4. Kurangi penggunaan bahan kimia seperti pewarna kuku, atau juga kuku palsu yang bisa merusak jika digunakan dalam jangka waktu relatif lama. Alangkah baiknya jika membiarkan kuku terbebas dari kimia tersebut dan lakukanlah perawatan yang menggunakan bahan alami.
  5. Konsumsi makanan yang banyak mengandung, kalsium, fosfor serta zat besi. Sebab kalsium bisa menguatkan kuku dan zat besi bisa mencegah anemia (kurang darah) yang bisa menjadikan kuku terlihat pucat dan tidak elok dipandang.
  6. Merendam kuku dengan air hangat. Cara ini dilakukan agar kuku lebih lembut, lentur dan tidak mudah patah. Sebab air hangat juga membunuh bakteri yang kemungkinan berguna untuk pencegahan infeksi.
Bagaimana jika kuku sudah rusak dan mengelupas? Ada cara untuk mempercepat pertumbuhannya gak? Tenang sob, sebab dibawah ini kami juga menyertakan bahan alami yang bisa digunakan dalam perawatan kuku. Berikut bahan herbal yang bisa digunakan untuk menguatkan dan menjaga agar tidak mudah terkena infeksi.
  • Bawang Putih : Bumbu dapur ini bersifat anti-bakteri dan juga berguna untuk menguatkan kuku yang terlalu rapuh. Caranya yaitu dengan memotong kecil atau bisa juga ditumbuk halus kemudian tapalkan pada kuku yang rusak.
  • Jeruk nipis : Hampir sama dengan bawang putih, jeruk nipis juga baik untuk menjaga kebersihan kuku dari kuman serta menjaga tetap bersih dan terlihat lebih indah. Pertama siapkan air hangat secukupnya kemudian campur dengan perasan air jeruk nipis. Selanjutnya tinggal merendam kuku kaki dan tangan pada air tersebut.
Sebenarnya masih banyak lagi bahan alami yang bisa digunakan, namun yang paling mudah ialah beberapa contoh diatas. Tapi sobat jangan bingung, karena kami selalu melakukan update dan memperbarui artikel guna menjadikan pengalaman pembaca blog ini lebih sempurna. Tapi untuk kali ini kami cukupkan dulu, semoga dilain kesempatan kita bisa berjumpa lagi pada lain artikel.

Sekian mengenai Cara Merawat dan Memperbaiki Kuku Yang Rusak Dan Rapuh. Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *