Resep Jamu Tradisional Untuk Ibu Menyusui

Resep Jamu Tradisional Untuk Ibu menyusui ini kami tulis untuk melengkapi postingan kami sebelumnya yang membahas mengenai jamu herbal untuk melancarkan ASI. Sebab kendala ini sering saja dialami oleh kaum bunda yang baru atau pertama kali menyusui sehingga proses produksi dan keluarnya ASI tidak lancar dan mungkin butuh treatment khusus untuk memancing ASI agar sesuai dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Perlu diketahui, ASI merupakan satu-satunya asupan nutrisi terbaik dibanding susu pendamping yang banyak terjual dipasaran. Hal ini karena kandungan gizi pada ASI lebih lengkap dan tentunya juga lebih aman tanpa harus memikirkan efek samping yang bisa saja disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam susu kemasan. Jadi ada baiknya jika bunda menyusui bayi secara normal dan mencari alternatif agar ASI keluar secara normal yang salah satunya ialah dengan Ramuan Tradisional pelancar ASI ini.

Resep Jamu Tradisional Untuk Ibu Menyusui

Pada postingan kami sebelumnya ( Cek : Jamu Herbal Untuk Melancarkan ASI ), Terdapat beberapa faktor dan kendala yang menyebabkan ASI keluar tidak normal. Beberapa diantaranya ialah : Terjadinya penyumbatan pada saluran susu, kecilnya kapasitas penyimpanan ASI, gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi tidak cukup, dan dikarenakan mengidap penyakit yang menghambat keluarnya ASI. Jadi untuk itu, bunda harus selalu memperhatikan kesehatan dan juga menjaga gaya hidup sehat dengan mencukupi asupan makanan yang dibutuhkan janin ketika masih mengandung dan juga memenuhi kebutuhan gizi harian sesaat sudah melahirkan.

Apa saja makanan yang bisa menunjang produksi ASI?
Ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa memperlancar keluarnya ASI. Salah satunya ialah daun beluntas. Tanaman pagar ini mempunyai fungsi yang cukup baik dalam dunia kecantikan khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Selain ada juga sayur seperti lembayung, bunga turi, seledri, kubis, bayam dan lain-lainnya. Bahan pangan lain yang bisa jadi alternatif ialah daging dan juga jenis makanan yang banyak mengandung protein seperti tempe.

Apa saja Bahan yang dibutuhkan untuk Resep Jamu Tradisional Untuk Ibu Menyusui?
  • 3 rimpang temulawak (berfungsi juga untuk menambah selera makan).
  • 1 genggam rimpang temu kunci. (Berguna juga untuk penambah tenaga)
  • 1 genggam daun legundi. (bermanfaat juga untuk membersihkan rahim setelah melahirkan)
  • 1 genggam daun sambiloto (manfaat lain untuk mencegah infeksi).
  • 2 ruas rimpang kunyit (bersifat mendinginkan).
Cara membuat atau mengolah :
Cuci bersih semua bahan dan haluskan dengan cara ditumbuk. Bisa juga diparut untuk rimpang temulawak beserta kunyit dan kunci. Rebus dengan menambah 3 gelas air hingga mendidih kemudian saring. Untuk konsumsi, siapkan 1 gelas dengan menambah sedikit garam dapur kemudian diminum.

Sedikit tips untuk menlancarkan keluarnya ASI :
  • Jangan menggunakan BH yang terlalu ketat, sebab pemakaian BH juga berpengaruh pada produksi ASI dan bisa menyumbat lubang keluarnya susu.
  • Usahakan sesering mungkin menyusui bayi. Dengan langkah ini akan mempermudah dan memperlancar keluarnya ASI dikarenakan lubang tidak tersumbat.
  • Rajin melakukan senam dan persiapan ketika masih mengandung. Hal ini berkaitan dengan kesehatan dan kinerja organ tubuh agar berjalan normal.
  • Periksakan secara rutin pada dokter atau bidan terdekat.
Demikianlah artikel singkat mengenai Resep Jamu Tradisional Untuk Ibu Menyusui. Semoga dilain kesempatan kami bisa melakukan pembaharuan dan update informasi terbaru yang sekiranya bisa membantu dan berguna khususnya bagi kaum bunda yang membutuhkan. Sekian dan salam sehat selalu!

Contact Form

Name

Email *

Message *