10 Tips Dan Cara Mengatasi Serangan Panik

Cara mengatasi serangan panik memang menjadi salah satu tips dan trik yang paling banyak dicari. Kenapa demikian? Sebab tidak sedikit orang yang mengalami hal tersebut. Meski terlihat sederhana, namun butuh penanganan tepat dan khusus agar bisa cepat di selesaikan dan tidak terjadi lagi apa itu yang dinamakan panik dalam kehidupan kita. Maka dari itu, kali ini kami akan berbagi mengenai cara menghilangkan panik dan rasa cemas yang mungkin saja terjadi pada kita. Sehingga kita bisa mengantisipasi dan siap siaga akan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi.

10 Tips Dan Cara Mengatasi Serangan Panik

Serangan panik adalah Gangguan panik yang ditandai dengan serangan anxietas atau teror yang terjadi secara berkala. Pada setiap episodenya, terjadi berkisar antara 15 hingga 30 menit. Tapi ada juga yang berefek lebih lama dan berlangsung terus menerus. Selama terjadinya serangan panik, penderita akan merasa tidak nyaman diselingi dengan rasa takut dan cemas. Denyut jantung akan meningkat dan berdebar lebih kencang daripada biasanya. Dampak yang umum dirasakan ialah : sesak, nyeri dada, berkeringat, gemetar, perasaan tercekik, pusing, mual, takut mati, dan bahkan juga perasaan takut menjadi gila. Hal ini hampir sama persis dengan stres atau beban pikiran terlalu berat. Serangan panik ini bisa terjadi secara tidak sengaja atau spontan (langsung) dikarenakan merespon kejadian tertentu atau situasi yang diluar dugaan. Variasi serangan terbagi dalam beberapa frekuensi tergantung seberapa parah orang tersebut menderita serangan panik tersebut. Ada yang sangat sering hampir terjadi setiap hari dan berlangsung hingga berbulan-bulan.

Bagiamana cara mencegah terjadinya serangan panik?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari serangan panik yang tidak terduga. Langkah ini sangatlah sederhana dan bisa dilakukan oleh semua kalangan terutama bagi penderita serangan panik atau cemas tersebut. Langkah tersebut ialah :
  • Kurangi mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung banyak kafein. Salah satunya ialah kopi. Karena kafein pada kopi bisa meningkatkan konsentrasi dan menjadikan jantung berdetak tidak normal. Hindari juga minuman yang mengandung alkohol dan kurangi menghirup rokok yang tidak baik untuk kesehatan.
  • Rajin olahraga dan lakukan secara teratur untuk melatih kinerja jantung supaya tidak mudah kaget dan memperbaiki organ supaya lebih sehat secara keseluruhan.
  • Mengatur pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan dan perbaiki suasana lingkungan terutama berawal dari kamar. Contohnya ialah jaga kebersihan sarung bantal, kasur dan usahakan kamar tertata lebih rapi agar suasana bisa lebih nyaman dan tenang.
  • Makan Secara teratur dan hindari makanan yang mengandung banyak gula atau manis. Sebab jika begitu, anda harus mengimbangi dengan rajin berolah raga agar tidak terjadi penumpukan kalori yang bisa saja menjadikan kadar gula darah tidak stabil.
Bagaimana Tips Dan Mengatasi Serangan Panik?
  1. Awali dengan berpikir positif : Rasa takut dan cemas menjadikan kita tidak berpikir wajar. Karena hal inilah yang menjadi konflik sehingga membuat kita tidak nyaman dan selalu berpikiran hal negatif. Jadi untuk langkah awal, ada baiknya jika anda membuang semua pikiran tersebut dan usahakan selalu berpikir hal baik.
  2. Tarik Nafas Dalam-dalam : Salah satu penyebab kecemasan ialah meningkatnya kinerja debar jantung yang menjadi lebih kencang. Dengan tarik nafas dalam sebanyak tiga kali bisa mengembalikan debar jantung menjadi lebih normal dan tentunya akan mambuat anda akan lebih tenang.
  3. Perhatikan dan pilih menu makan yang tepat : Perlu anda tahu bahwa beberapa makanan juga tidak baik dan bisa meningkatkan rasa panik dan cemas yang anda derita. Hindari makanan berminyak dan yang mengandung banyak kafein seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Jadi langkah tepatnya perbanyak minum air putih guna mencegah tubuh dehidrasi.
  4. Cari Obat alternatif yang berasal dari alam. Kenapa demikian? Sebab obat herbal akan lebih aman dan tanpa efek samping yang bisa merugikan kesehatan. Bahan ini bisa didapat dari buah dan juga tanaman obat yang bisa kita kelola dari lingkungan sekitar.
  5. Refreshing atau Liburan : Panik atau cemas bisa saja diakibatkan karena menumpuknya pekerjaan yang dikejar deadline. Karena terdesak dan terburu-buru, kemungkinan serangan panik akan menyerang anda. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk bersantai serta mencari tempat tenang untuk berlibur. Salah satu alternatifnya ialah dengan berlibur pada alam terbuka seperti pegunungan dan danau yang sepi.
  6. Hindari segala keramaian : Ramai sangat tidak baik bagi penderita serangan panik. Ramai disini tidak hanya karena bisingnya suara, melainkan juga ada sumber lain seperti sosial media atau jearing sosial. Karena disitu pasti ada saja para haters yang menyerang kita. Sehingga secara tidak sadar memancing emosi kita dan membuat kita tidak tenang.
Mungkin itu saja dulu untuk 10 Tips Dan Cara Mengatasi Serangan Panik. Semoga dilain kesempatan kami bisa melakukan update dan memperbarui informasi ini menjadi lebih lengkap dan bisa diterapkan oleh semua kalangan. Sekian dan salam sehat selalu.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *