-->

13 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

13 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan - Kami menulis artikel ini karena ada saja yang bertanya seputar sayur genjer. Dan pertanyaan tersebut selalu tidak jauh dengan apa manfaat daun genjer bagi ibu hamil dan menyusui? Dan untuk menjawabnya, dibawah ini kami sudah merangkum beberapa rangkaian kalimat sederhana yang mungkin saja bisa membantu dalam memberi informasi untuk sobat yang membutuhkan. Berikut rangkuman singkatnya!

Genjer (Nama latin : Limnocharis flava) dikenal juga dengan sebutan Paku rawan. Tanaman sayur ini tumbuh dengan baik pada rawa atau sawah yang ditanami padi. Bentuknya memang hampir menyerupai eceng gondok. Namun sedikit berbeda pada daun yang tidak mengkilap. Tumbuhan terna tahunan ini mempunyai ciri pada daun yang lebar serta batang yang mencapai ketinggian hingga setengah meter. Habitat hidupnya diperairan dangkal berlumpur. Dan sebagian masyarakat terutama petani menganggap bahwa genjer gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman seperti padi. Tangkai tegak, daun agak lebar berwarna hijau dan mempunyai bunga bulat jika masih kuncup dan berwarna kuning jika sudah merekah (mekar).
13 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan
Untuk pemanfaatan sehari-hari, genjer dijadikan sayur yang dikonsumsi secara tradisional. Salah satunya ialah sebagai lalapan, urap-urap atau juga campuran sayur pada pecel. Nah karena hal sederhana inilah, maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat serta lebih bugar.

Apa saja kandungan gizi pada sayur genjer? Dari pertanyaan ini, kami mencari informasi di internet serta mendapat daftar dari nutrisi dari genjer. Dari 100gr sayur terdapat kandungan berupa : Energi, lemak, Protein, Serat, Kalsium, Fosfor, Karbohidrat, Zat Besi dan Pro Vitamin B1.

13 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan :
  1. Genjer berpengaruh dalam sistem pencernaan, sebab mampu mencegah sembelit dan membantu proses pencernaan serta penyerapan sari makanan sehingga tidak menumpuk racun yang bisa saja berakibat obesitas (kelebihan berat badan).
  2. Menjaga kadar gula darah yang juga membantu dalam pencegahan kolesterol.
  3. Bagi ibu hamil, kandungan protein pada genjer membantu dalam menambah energi serta pembentukan sel-sel otot pada janin.
  4. Membantu dalam mengikat lemak dan membuangnya melalui kotoran (feses).
  5. Menjaga pertumbuhan dan kepadatan tulang serta gigi.
  6. Menambah selera makan.
  7. Mencegah oateoporosis / pengeroposan tulang.
  8. Kandungan zat besi sangat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah serta pembentukan kembali sel darah merah yang rusak. Sangat baik dikonsumsi oleh sobat yang sedang anemia (kurang darah).
  9. Mencegah terjadinya kanker kolon.
  10. Mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan.
  11. Meregenerasi dan merejakan kembali sel-sel tubuh yang rusak.
  12. Menambah tenaga atau energi yang dibutuhkan dalam menggerakkan tubuh.
  13. Dalam genjer juga terdapat senyawa polifenol yang berguna untuk antioksidan yang berkemampuan untuk mencegah sel kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung.
Bagaimana cara mengolah sayur genjer? Sebenarnya untuk memasak dan mengkonsumsi sayur ini tidak butuh resep yang muluk-muluk. Cukup direbus atau dikukus. Selanjutnya tinggal siram dengan bumbu pecel. Selesai deh tinggal di makan saja.

Demikian artikel mengenai 13 Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi yang membutuhkan!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter