-->

16 Manfaat Khasiat Daun Tanaman Tumpangan Air Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Tumpangan Air atau yang juga dikenal dengan daun suruhan mungkin sudah tidak asing bagi beberapa kalangan masyarkat di Indonesia. Sebab Khasiat daun tumpangan air tersebut mempunyai peranan penting untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti meringankan sakit perut, asam urat, membersihkan jerawat, membunuh bakteri dan masih banyak lagi yang lainnya. Dikarenakan begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari daun suruhan, obat herbal yang satu ini masih familiar dan umum dijadikan jamu tradisional dengan kemampuan yang sudah tidak dirgukan lagi. Nah bagi anda yang penasaran, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan tumbuhan (pohon) yang dimaksud. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini!

Tumpangan air merupakan tumbuhan terna yang sering dijumpai sebagai tanaman hias. Banyak dari kalangan masyarakat yang menjadikan herba ini sebagai penghias halaman rumah yang ditanam pada media pot. Dan Tumpangan air atau yang juga disebut suruhan ini mempunyai nama latin Peperomia Pellucida L. yang umumnya tumbuh secara liar pada tempat-tempat yang banyak mengandung air seperti pematang sawah, pinggir selokan, dan beberapa tempat terbuka yang tanah atau area yang ditumbuhi bertekstur lembab atau basah.

16 Manfaat Khasiat Daun Tanaman Tumpangan Air Untuk Kesehatan

Bagaimana cara budidaya tanaman suruhan? Untuk hal ini terbilang sangatlah tidak sulit, sebab pohon tumbangan air bisa tumbuh dengan mudah dan bisa ditanam dengan hanya mengambil bagian batang yang sudah terdapat akar. Mempunyai ciri yang hampir serupa dengan cabe jawa dan daun sirih, tumpangan air ini juga tidak kalah ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Bahkan dengan manfaat yang cukup besar, herbal ini juga cukup dikenal di beberapa daerah Asia maupun Amerika.

Tidak luput dari segala manfaat didalamnya, yang sering dipertanyakan pula ialah mengenai kandungan yang terdapat pada pohon yang hidupnya bergerombol membentuk semak ini. Dan jika kami lansir dari beberapa sumber di internet, kandungan tersebut mencakup seperti minyak atsiri, lemak, kalsium oksalat, dan alkaloid. Dari kandungan terebutlah diperoleh jutaan manfaat yang berdampak baik bagi kesehatan jika anda mengkonsumsinya sebagai obat (jamu tradisional).

Ciri sepintas mengenai daun tumpangan air ialah : Mempunyai bentuk daun hampir serupa dengan daun sirih, tumbuh, tumbuh dengan memperbanyak cabang dan membentuk rumpun kecil, daun berukuran kecil dengan ketinggian batang mencapai 15cm, berbatang sekulen dengan kandungan air yang cukup tinggi, dan yang membedakan dengan daun sirih ialah tumpangan air ini tidak membutuhkan media untuk menjalar untuk tumbuh dan memperbanyak daun.

Apa saja manfaat pohon tumpangan air? Nah, tidak sedikit orang yang mempertanyakan apa saja kegunaan daun tumpangan air untuk obat. Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dibawah ini kami sudah menyediakan daftar singkat mengenai apa saja fungsi obat pada pohon suruhan. Yuk langsung simak saja selengkapnya!

16 Manfaat Khasiat Daun Tanaman Tumpangan Air Untuk Kesehatan

#1. Mempunyai Sifat Analgesik
Mungkin anda sudah mengenai seperti apa itu analgesik. Jamu atau obat yang mempunyai sifat tersebut bisa meredakan rasa sakit atau yang dtimbulkan oleh penyakit tertentu. Salah satunya ialah sakit gigi, sakit kepala, dan bahkan mengurangi nyeri pada saat anda mengalami haid.

#2. Bersifat Anti-Inflamasi
Anti-Inflamasi banyak terdapat pada obat-obat kimia yang terjual dipasaran (apotik). Hal ini karena obat ini bisa meredakan peradangan (pembengkakan) pada bagian tubuh yang terserang penyakit. Tidak hanya untuk pengobatan saja, melainkan daun tumpangan air juga baik untuk melakukan pencegahan.

#3. Bersifat Antibiotik (anti mikroorganisme)
Sifat ini baik untuk mencegah pertumbuhan bakteri, kuman, atau menekan pertumbuhan organisme merugikan seperti parasit pada tubuh. Efek farmakologis ini bisa membantu anda terhindar dari yang namanya penyakit menular dan infeksi yang disebabkan oleh bakteri jahat dalam tubuh.

#4. Meringankan Gejala Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit umum yang bisa terjadi pada siapa saja. Hal ini karena adanya pembentukan kristal pada saluran darah sehingga penderitanya mempunyai gangguan terkait dengan sirkulasi darah. Sedangkan dampaknya ialah anda akan mengalami beberapa masalah seperti sering kesemutan, kesulitan bergerak dan lain sebagainya.

#5. Menghilangkan Pegal Linu
Nah bagi anda yang mempunyai kegiatan berat (bekerja harian), pastinya tidak sedikit yang mengeluh akan terjadinya pegal linu pada tubuh. Gejala yang disebankan ialah tubuh terasa sakit semua, otot kaku, dan mungkin sulit untuk digerakkan. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan daun tumpangan air sebagai ramuan herbal guna untuk penyembuhan dan mencegahnya datang kembali.

#6. Mengobati Sakit Perut
Dikarenakan terdapat sifat analgesik, daun tumpangan air bisa meringankan gejala sakit perut yang sedang anda rasakan. Baik bagi anda yang sering mengalami sakit perut, kram, dan sering terasa nyeri pada bagian perut. Selain aman dikonsumsi, jamu dari pohon tumpangan air juga tanpa efek samping.

#7. Mengurangi Nyeri Pada Sistem Persendian
Masih terkait dengan analgesik, salah satu jenis penyakit yang bisa diatasi ialah terjadinya nyeri pada sendi yang sering terjadi pada orang yang berusia lanjut. Hal ini disebabkan karena tidak maksimalkan produksi nutrisi yang dibutuhkan tulang serta beberapa hal yang memang dipengaruhi oleh bertambahnya usia. Untuk meringankan nyeri sendi tersebut, mungkin daun tumpangan air bisa menjadi solusi sederhana yang bisa anda terapkan.

#8. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih
Dengan kemampuan farmakologi yang tinggi, daun suruhan bisa menjadi salah satu obat yang mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Hal ini mecakup kesehatan ginjal dan saluran urine lainnya. Dan yang terpenting, daun tumpangan air ini bisa membunuh dan mengatasi beberapa pemicu selaku penyebab dari gangguan saluran kencing tersebut.

#9. Meringankan Nyeri Otot
Nyeri otot sering terjadi pada anda yang kurang gerak (kurang olahraga) atau juga karena aktifitas harian yang terlalu berat. Otot yang jarang bekerja maksimal, akan kaget jika langsung digunakan dalam melakukan aktifitas diluar kebiasaan. Dan untungnya daun suruhan bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

#10. Mengatasi Gangguan Sakit Kepala
Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kepala ialah pusing, migrain, vertigo, dan lain sebagainya. Untuk menyembuhkan dan melakukan pencegahan, anda bisa memanfaatkan daun suruhan sebagai jamu herbal agar anda terhindar dari masalah terkait. Tidaklah rumit dan anda hanya dituntut untuk mengkonsumsinya secara rutin.

#11. Bersifat Diuretik (pelancar saluran kemih)
Hal ini tentunya berkaitan dengan berbagai masalah terkait dengan sistem saluran kemih, menjaga kesehatan ginjal dan lain sebagainya. Diuretik bisa mencegah batu ginjal (kencing batu) dan bisa menyehatkan sistem saluran sehingga menjadikan metabolisme tubuh anda tetap berjalan normal.

#12. Mempercepat Penyembuhan Luka
Kulit sangat sensitif dengan berbagai masalah yang salah satunya dampak terkena benda tajam ataupun api. Luka karena hal tersebut mungkin saja terjadi pada kulit anda. Jika anda mempunyai masalah luka bakar, maka tidak ada salahnya jika mencoba daun suruhan sebagai salah satu alternatif yang digunakan untuk pengobatan.

#13. Menjaga Kesehatan Kulit
Seperti halnya penyembuhan luka, daun suruhan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit secara maksimal. Salah satu contohnya ialah untuk mencegah pertumbuhan jamur, menjadikan kulit lebih lembab, halus, dan terjaga elastisitasnya.

#14. Mengatasi Kolik Pada Bayi
Kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi sehat namun selalu menangis berlebihan. Secara umum masalah ini sering terjadi dan menjadikan para orang tua merasa khawatir. Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, mungkin jamu dari daun suruhan bisa anda gunakan agar kolik pada bayi anda tidak berlanjut.

#15. Membersihkan Jerawat Pada Wajah
Bagi anda yang peduli akan kecantikan, tentunya wajah menjadi salah satu bagian yang tidak luput dari perawatan. Masalah umum yang sering terjadi ialah terjadinya pengeriputan, jerawat, komedo, dan hal-hal lain yang mungkin saja secara tidak sengaja muncul. Jerawat merupakan masalah umum yang tidak ada hentinya. Untuk mengatasi, anda harus mempelajari dulu penyebab lalu melakukan pengobatan dengan daun tumpangan air.

#16. Mencegah Penuaan Dini
Dikarenakan kulit lebih sehat, wajah terhindar dari jerawat, dan metabolisme tubuh lebih stabil. Maka beberapa tanda munculnya penuaan bisa dicegah. Kulit sehat menjadikan lebih lembab dan mengindarkan anda dari garis halus pengeriputan, dan terhindar dari jerawat akan menjadikan wajah lebih bersinar, cerah, berseri dan cantik secra alami.

Jika anda melihat betapa lengkapnya manfaat daun tumpangan air (suruhan), anda pasti juga bertanya tentang bagaimana cara menerapkan herbal yang dimaksud. Sederhana saja, untuk mengkonsumsi daun suruhan, anda cukup menyiapkan daun tanaman dan cuci lalu tumbuk kasar. Selanjutnya rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Perlu diketahui, saring dan tambah sedikit garam sebelum anda minum. Sedangkan untuk perawatan wajah, cukup dengan menghaluskan daun dan gunakan sebagai masker.

Cukup sekian dari kami terkait ulasan 16 Manfaat Khasiat Daun Tanaman Tumpangan Air Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa memberikan anda lebih banyak pengetahuan dan tidak selalu bergantung dengan obat-obatan kimia. Terima kasih dan Jangan Lupa di Share ya!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter