-->

12 Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah Bebas Jerawat

Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah mungkin sudah sangat umum dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab jenis bahan yang digunakan berupa buah yang sangat mudah didapat serta harga untuk membelinya pun terbilang murah. Nah dengan alternatif ini, tentunya anda harus memanfaatkan secara maksimal. Karena khasiat masker buah pisang tidak kalah dengan jenis produk kecantikan yang berfungsi untuk memuithkan kulit. Jadi ada baiknya jika anda mencoba dan mencari referensi yang tepat guna memperoleh panduan untuk mengolah dan menjadikan buah pisang sebagai masker wajah.

Masker wajah dari buah pisang merupakan salah satu dari beberapa bahan yang sering dimanfatkan sebagai masker alami. Hal ini karena pisang sudah terbukti memberikan hasil yang khasiatnya cukup membantu untuk merawat kecantikan kulit. Salah satu fungsi yang bisa didapat dari menggunakan pisang ialah untuk memelihara serta merevitalisasi kulit yang kering. Tidak hanya itu saja, jika anda menggunakannya dengan tepat. Maka kulit wajah anda akan terasa lebih halus, lembut, dan terbebas dari jerawat. Hal ini karena masker pisang membuat wajah anda lebih bebas minyak serta mengontrol produksi minyak berlebih tersebut. Pada intinya masker ini bisa mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah Bebas Jerawat

Pada postingan sebelumnya kami juga sudah membahas tentang pisang (baca : manfaat buah pisang dan kandungannya). Dan hal tersebut akan memperkuat keinginan anda untuk mencoba membuat dan rutin menggunakan masker pisang. Sebab didalamnya terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang ikut andil dalam dunia kesehatan (jika dikonsumsi), dan dunia kecantikan selayaknya anda menggunakan produk masker yang terjual di pasaran. Nah, yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan gizi pada buah pisang? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kami mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait agar rasa penasaran anda terobati.

Kandungan gizi pisang dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan

Ada begitu banyak nutrisi yang tersimpan pada buah pisang. Dan dari setiap nutrisi tersebut menjanjikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh khususnya kulit. Nah, guna merawat kesehatan serta kecantikan, mungkin sudah selayaknya jika anda membaca rincian berikut ini. Kandungan dari buah pisang yang baik untuk kulit diantaranya :
  1. Asam Amino : Memelihara, merawat kulit, dan memperkuat jaringan ikat sehingga bisa membantu menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.
  2. Vitamin A : Sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.
  3. Vitamin B : Mencegah Penuaan dini dan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.
  4. Vitamin C : Membantu produksi kolagen dan antioksidan untuk membantu mengendalikan minyak berlebih pada wajah.
  5. Vitamin E : Menutrisi kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari langsung (UVA dan UVB) yang bisa merusak kulit. Manfaat lain untuk melawan radikal bebas serta menunda peroses penuaan.
  6. Kalium : Menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah kering dan mengalami dehidrasi.
  7. Lectin : Membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  8. Zinc : Memelihara wajah dari gangguan jerawat dan membuat wajah tetap cerah bersinar.

Dari beberapa manfaat yang tersimpan dari masing-masing nutrisi pada pisang diatas. Tentunya anda sudah bisa menerka dan memperhitungkan sendiri apa saja manfaat yang akan anda dapat untuk wajah jika menggunakan buah ini sebagai masker. Oleh karena itu, untuk sekedar menambah wawasan saja terkait dengan kegunaan lain buah pisang. Maka tidak ada salahnya jika kami merangkum kembali dan menuliskan apa saja khasiat masker pisang seperti yang sudah kami rangkum dibawah ini.

6 Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah Bebas Jerawat

1. Mengontrol Minyak Berlebih
Pada pisang terdapat kandungan berupa Vitamin E, C dan juga C yang fungsinya cukup baik dalam menjaga kecerahan kulit. Tidak hanya itu saja, pisang juga mempunyai fungsi sebagai exfoliator yang membantu untuk mengangkat sebum pada permukaan kulit. Namun untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, mungkin anda membutuhkan bahan pendukung seperti perasan jeruk nipis, lemon dan juga madu. Sedangkan untuk pembuatan cukup haluskan pisang terlebih dahulu (dagingnya saja), kemudian campur madu dan lemon hingga berbentuk adonan kalis. Oleskan pada wajah secara merata dan didiamkan beberapa saat. Proses akhir ialah dengan membilasnya dengan air bersih kemudian keringkan menggunakan handuk halus.

2. Menjaga Kelembapan Kulit
Manfaat ini didukung dengan adanya kalium yang pada intinya bisa menjaga kulit terhidrasi (mencegah dehidrasi). Jika digunakan secara rutin, maka kulit kering akan kembali lembab dan menjadikan kulit wajah anda lebih lembut dan halus. Untuk menggunakan, anda cukup menghaluskan daging pisang kemudian terapkan pada wajah sebagai masker. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, dan baru anda bisa membilasnya.

3. Membersihkan Jerawat Pada Wajah
Nah, manfaat inilah yang paling sering dicari oleh kalangan anak muda (remaja) yang mempunyai masalah dengan jerawat. Daging pisang mempunyai sifat anti-inflamasi (anti-radang), yang bisa mengurangi peradangan (pembengkakan). Selain itu, fungsi lain pada bagian dalam kulit pisang juga berpengaruh untuk membunuh bakteri selaku salah satu faktor penyebab jerawat. Sedangkan untuk menggunakan, kupas pisang dan usapkan bagian dalam kulit pisang (baca : manfaat kulit pisang untuk kecantikan) dengan perlahan pada bagian wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas jika sudah kering.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati
Bagi anda yang mempunyai masalah terkait dengan kulit kering, pastinya tidak luput juga dengan adanya pengelupasan. Hal tersebut bisa jadi karena kulit anda dehidrasi atau karena sering terpapar sinar matahari secara langsung. Yang sering menjadi keluhan ialah, terkadang karena kulit wajah yang kering akan mengelupas dan menjadikan wajah terlihat bersisik. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan masker pisang serta secara rutin menggunakannya setiap hari.

5. Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Anda mempunyai keluhan terkait dengan noda atau bintik hitam bekas jerawat? Seharusnya anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab dengan memanfaatkan pisang sebagai masker, maka masalah anda yang satu ini akan segera teratasi. Karena meskipun sederhana, noda hitam bekas jerawat tersebut (lihat : 11 Cara Menyamarkan Flek Hitam Bekas Jerawat Di Wajah) bisa mengurangi rasa percaya diri karena wajah terlihat lebih kotor dan kusam. Pisang mempunyai kandungan berupa Vitamin A, B, dan juga vitamin C yang manfaatnya cukup membantu untuk menyamarkan flek hitam diwajah.

6. Menunda Penuaan Dini
Pisang mempunyai sifat anti-aging yang bisa mengurangi garis halus pada wajah. Dan ada juga yang bilang bahwa pisang merupakan botox alami yang bisa mengatasi keriput serta tanda-tanda penuaan lainnya. Dengan begitu wajah anda akan lebih kenyal, elastisitas terjaga, wajah tetap kencang, cerah serta membuat anda tampil awet muda.

Masker pisang juga bisa dipadukan dengan bahan lain agar manfaat yang anda dapat bisa lebih cepat dirasakan hasilnya. Dan bahan tersebut juga merupakan bahan-bahan alami yang kesemuanya bisa anda dapat dengan mudah pada lingkungan sekitar. Seperti apa dan bagaimana cara membuat masker dari buah pisang? Berikut selengkapnya!

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Yogurt
Yogurt merupakan olahan susu yang sudah melalui proses fermentasi. Dan fungsinya ialah untuk memutihkan serta mengmbalikan kecerahan kulit. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan wajah berminyak, mungkin olahan masker ini sangat cocok bagi anda. Bahan-bahan yang anda butuhkan ialah : 1 buah pisang, 3sdm yogurt, dan 2sdm madu asli. Cara Membuat dan menggunakan :
  • Haluskan buah pisang yang sudah matang.
  • Campur dengan madu dan yogurt sehingga membentuk suatu adonan yang kental.
  • Terapkan pada wajah secara merata, tunggu sekitar 15 menit (sampai meresap)
  • Bilas wajah anda dengan air hangat.

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Madu
Madu merupakan bahan alami yang sangat cocok bagi anda yang mempunyai jenis kulit wajah yang kering. Sebab madu bisa menjaga kelembapan dan juga mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Selain itu, madu juga sangat baik sebagai obat alami jerawat dan menyamarkan adanya bintik hitam yang ditinggalkan. Agar wajah anda tetap cerah berseri, berikut cara membuatnya :
  • Siapkan bahan berupa pisang (yang sudah matang), 1sdm madu, dan 1sdm perasa jeruk nipis.
  • Haluskan pisang kemudian dicampur dengan bahan pendamping seperti yang sudah kami sebutkan diatas.
  • Aplikasikan pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Lemon
Campuran bahan ini mempunyai fungsi yang sangat baik dalam membersihkan dan mencerahkan wajah secara alami. Jeruk lemon cocok untuk mengangkat sel kulit mati karena kandungan didalamnya bersifat membersihkan. Nah, jika kedua bahan ini dipadukan, maka akan tercipta suatu masker yang manfaatnya cukup luar biasa bagi wajah. Untuk cara penerapan serta pembuatan diantaranya :
  • Sediakan Bahan seperti : 1 buah pisang, 1 sdm yogurt, dan 1sdm perasan lemon
  • Haluskan daging pisang, campur dengan yogurt dan jeruk lemon
  • Terapkan pada wajah secara perlahan sembari melakukan pemijtatan lembut.
  • Diamkan selama 15 menit hingga masker mulai mengering.
  • Yang terakhir ialah bersihkan wajah anda dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin.

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Mentega
Jika dilihat dari bentuknya yang mempunyai kandungan minyak, mentega berfungsi untuk mengatasi kulit kering. Sehingga jika digunkan dengan benar, maka akan menjaga wajah anda tetap lembab, lembut dan tidak mudah timbul pengelupasan. Cara membuat dan menggunakan ialah :
  • Siapkan 1 buah pisang (dihaluskan) dan 2sdm makan mentega.
  • Aduk bahan hingga membentuk adonan kental serta merata keseluruhan.
  • Bubuhkan pada wajah secara perlahan, diamkan sekitar 10 menit baru dibersihkan.

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Kuning Telur
Paduan kedua bahan ini sangat berpengaruh dalam mencegah penuaan dini karena bisa mengurangi adanya tanda-tanda atau faktor penyebab keriput. Dengan penerapan yang baik dan benar, masker ini juga membantu kulit wajah tetap kencang dan terawat secara alami. Untuk cara membuat, berikut rinciannya :
  • Siapkan 1 buah pisang, 1sdm madu, dan 1 kuning telur
  • Haluskan daging pisang kemudian diaduk dengan madu dan kuning telur hingga teraduk rata.
  • Aplikasikan pada seluruh area kulit wajah dan dibiarkan selama 20 menit atau hingga masker meresap sempurna.
  • Proses air ialah dengan membilasnya menggunakan air hangat.

# Cara Membuat Masker Pisang Dengan Oatmeal
Campuran bahan ini akan menjadikan wajah anda lebih segar dan mengatasi masalah dehidrasi (kulit kering). Penerapan dan pembuatan masker dari bahan ini juga terbilang sangat mudah. Selangkapnya bisa anda lihat dibawah ini :
  • Sediakan 1 buah pisang, 5sdm oatmeal (dimasak terlebih dahulu), 1sdm madu dan 1 kuning telur.
  • Pertama anda harus menghaluskan pisang terlebih dahulu kemudian dipadukan dengan bahan lain seperti yang sudah kami tulis diatas.
  • Aduk semua bahan hingga menjadi 1 adonan kalis yang kental.
  • Terapkan pada kulit wajah secara perlahan dan merata.
  • Diamkan selama 15 menit dan proses akhir ialah pembilasan.

Demikianlah artikel singkat yang bisa kami tulis mengenai Manfaat Masker Pisang Untuk Wajah Bebas Jerawat. Semoga beberapa resep dan tips diatas bisa membantu serta berguna bagi anda yang membutuhkan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter