-->

Cara Menurunkan Tekanan Darah Dengan Cepat Dan Mudah

Menurunkan Tekanan Darah sangatlah penting kita lakukan jika sudah melampaui batas normal. Hal ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara dari yang paling sederhana hingga berlanjut pada konsultasi dengan dokter. Sebab jika tidak ditangani dengan cepat, gejala hipertensi akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga secara tidak langsung akan membahayakan semua kinerja organ tubuh dan mungkin bisa juga menyebabkan kematian. Hal sederhana yang paling penting ialah dengan menerapkan langkah sederhana yaitu menurunkan berat badan (diet sehat) serta mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Dengan Cepat Dan Mudah

Tekanan darah yang sudah terlampau tinggi harus segera diturunkan. Jika anda salah satu penderita hipertensi, alangkah baiknya segera kunjungi dokter ahli supaya mendapat obat-obatan yang sesuai. Dikutip dari beberapa sumber, langkah sederhana dalam menurunkan tekanan darah terbagi dalam beberapa metode yang diantaranya :

# Menerapkan Pola Diet Sehat pada Menu Makanan :
  • Ada banyak metode untuk menjalan program diet, info lebih lengkap silahkan cek : Tips Dan Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari
  • Menjalani pola diet seimbang dengan banyak mengkonsumsi sayur, susu rendah lemak, dan buah-buahan. Memang efek atau hasil tidak secara langsung, namun dengan berangsur dan bertahap.
  • Kurangi atau bahkan menghindari mengkonsumsi garam. Hal ini karena sodium pada garam hanya akan memperparah tekanan darah. Jika tidak ingin mengurangi rasa pada makanan, bisa menggunakan bahan alternatif seperti cabe, kunyit dan bawang putih. Ketiga bahan ini berpengaruh dalam memperbesar pembuluh darah, mengurangi peradangan dan kolesterol.
  • Hindari mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol. Memang pada porsi tertentu alkohol bisa mengurangi tekanan darah, tapi sebaliknya jika berlebihan akan semakin memperparah.
  • Perbanyak konsumsi susu rendah atau non lemak. Produk susu non lemak banyak mengandung vitamin D yang ampuh untuk mengurangi tekanan darah.
  • Konsumsi Teh Kembang Sepatu. Herbal yang satu ini memang sudah umum, namun hanya sedikit orang yang tahu bahwa dibalik kecantikan bunga ini juga tersimpan khasiat yang cukup besar. Dengan meminum secangkir teh bunga sepatu setiap harinya, bisa menurunkan tekanan darah secara drastis.
  • Konsumsi buah yang bisa menurunkan hipertensi, beberapa buah ini seperti kiwi, tomat, jeruk, semangka, pisang, melon dan jenis buah lain yang mengandung potassium.
  • Terapi minum air kelapa, sebab kandungan potassium, elektrolit serta nutrisi lain pada air kelapa dipercaya bisa dengan cepat mengurangi tekanan darah.
# Mengkonsumsi Obat-obatan yang dianjurkan dokter :
  1. Sebenarnya ada banyak sekali obat herbal yang bisa digunakan sebagai alternatif, untuk lebih detail silahkan baca : Obat Alami Untuk Darah Tinggi
  2. Mengkonsumsi CoC10. Suplemen ini merupakan antioksidan yang berpengaruh dalam penurunan hipertensi.
  3. Konsumsi ramuan bersifat diuretik. Cari tahu terlebih dahulu apa itu diuretik, dengan begitu kita akan lebih paham. Manfaatnya ialah membuang kelebihan sodium serta air dalam tubuh melalui air seni.
# Menjalani pola hidup sehat Tekanan Darah Rendah.
  • Usahakan menyempatkan diri untuk bergerak serta olahraga. Dengan aktivitas sehari-hari sebenarnya sudah bisa membantu, namun alternatif juga wajib kita coba. Salah satunya ialah jalan cepat, lari ditempat, bermain bola, atau setidaknya menggerakkan badan hingga berkeringat. Selain baik untuk hipertensi, kegiatan ini juga membantu mencegah serangan jantung dan stroke.
  • Lakukan terapi yoga dan tarik nafas, olah raga ini bertujuan untuk membuat tubuh lebih tenang sehingga peredaran darah berjalan normal.
  • Kurangi kegiatan yang menyita kinerja otak seperti minimalkan waktu kerja. Kerja dengan jam yang lebih lama akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
  • Lakukan Relaksasi dengan mendengarkan musik, kegiatan ini akan membuat otot syaraf menjadi lebih tenang, mendengarkan musik selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi resiko tekanan darah tinggi.
  • Kurangi atau berhenti merokok, asap rokok memperparah tekanan darah.
Nah, mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Menurunkan Tekanan Darah Dengan Cepat Dan Mudah. Semoga pada kesempatan lain kami bisa memberi dan menyajikan artikel yang lebih membantu. Jangan lupa di share jika postingan ini berguna. Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter