Obat Herbal Dan Cara Menyembuhkan Suara Serak Atau Parau

Obat Untuk Suara Serak Atau Parau memang sudah banyak dijual dan bahkan sangat mudah didapat di apotik. Namun apakah ada obat alternatif yang bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati suara serak atau parau? Jawabannya jelas ada, sebab pada lingkungan sekitar kita tersimpan jutaan obat herbal yang mungkin kesemuanya tidak anda ketahui. Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk membahas artikel sederhana yang mengupas masalah terkait sehingga anda tidak kebingungan lagi dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Obat Herbal Dan Cara Menyembuhkan Suara Serak Atau Parau

Suara serak, parau atau bahkan hilang bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak kita sadari. Salah satunya karena adanya virus atau kuman yang masuk dari sistem pernafasan atau juga melalui makanan yang kurang higienis. Sehingga berakibat terjadinya peradangan atau bengkak pada tenggorokan yang menyebabkan pita suara tidak berkerja secara maksimal. Pengalaman ini sering dirasakan oleh sebagian orang yang suka merokok, terkena iritasi karena polusi udara berupa debu, suhu yang ekstrim (biasanya terjadi pada pergantian musim), dehidrasi, atau bisa juga karena komplikasi. Jadi untuk menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, kita harus siaga dan menyiapkan diri dengan menjaga gaya hidup dan memperbaiki pola makan yang benar.

Bagaimana cara memulihkan suara yang serak, parau atau bahkan hilang?
Sebenarnya masalah ini bisa diselesaikan dengan beberapa metode sederhana yang bisa dilakukan dirumah. Beberapa tips dan cara tersebut tidak butuh langkah rumit dan boleh dibilang sangatlah mudah. Penasaran dengan cara untuk mengatasi suara parau? Dikutip dari : id.wikihow.com, Berikut rincian singkatnya!

# Metode Pertama : Menjalankan dan Melakukan Perilaku / Kegiatan Yang Sehat
  1. Berusaha untuk mengistirahatkan suara secara total. Memang untuk waktu tertentu anda dituntut untuk berbicara, namun dengan mengurangi penggunaan, maka akan mempercepat penyembuhan. Tidak diperbolehkan juga berbisik, jadi alangkah baiknya jika menggunakan kertas untuk media komunikasi.
  2. Berkumur dengan air garam. Air garam dipercaya bisa membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab suara hilang. Manfaat lain berkumur juga bisa melembabkan tenggorokan dan melunakkan pita suara yang akan berdampak baik untuk pemulihan suara. (Baca cara berkumur yang baik dan benar)
  3. Memaksimalkan manfaat Uap. Cara menggunakan sangatlah sederhana, cukup menggunakan teko yang didalamnya terdapat air mendidih. Namun untuk lebih aman, gunakan handuk untuk menutupi hidup dan hirup uap yang keluar dari teko atau panci. Intinya disini handuk berfungsi untuk penyaring sekaligus penyekat.
  4. Menghangatkan tubuh dengan yoga. Sebab olahraga ini tergolong dalam jenis latihan tubuh untuk memaksimalkan kerja diafragma. Oleh karena itu, olahraga terbaik yang membuat tubuh menjadi rileks.
  5. Berhenti atau paling tidak kurangi merokok. Sebab asap yang dikeluarkan sangat tidak baik bagi tenggorokan dan salah satunya ialah suara. Asap rokok akan menjadikan pita suara terbakar dan rokok juga membuat daerah esofagus menjadi kering.
  6. Konsultasikan dengan dokter, sebab ini cara teraman untuk memperoleh tips yang tepat serta penanganan yang paling benar.
# Metode 2 : Menjaga Pola Makan dan Minum Menjadi Lebih Baik.
  1. Memperbanyak minum air putih untuk mencegah tenggorokan kering dan dehidrasi. Sebab tenggorkan lembab akan mempermudah dalam mengembalikan suara yang hilang.
  2. Menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung asam. Sebab asam bisa memicu asam lambung naik kekeringkongan. Imbasnya akan memperburuk dan bahkan memperparah suara yang serak.
  3. Mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa melunturkan lendir yang ada di tenggorokan. Bahkan tidak hanya untuk suara parau saja, air hangat juga bisa meringankan batuk. Jika anda salah satu orang yang suka minum teh atau kopi, maka bisa diganti dengan teh madu.
# Metode 3 : Gunakan produk pelega tenggorokan.
  1. Belilah produk dari tempat terpercaya (apotik) karena untuk jaman sekarang makin marak dan bahkan sudah tidak terhitung produk yang menjanjikan bisa meredakan tenggorokan. Namun siapa tahu salah satunya cocok untuk anda. Tapi perlu diingat bahwa tidak ada yang sebaik memperbanyak minum air putih dan mengistirahatkan suara.
  2. Gunakan permen pelega tenggorokan, hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit yang muncul. Bisa juga dengan mengunyah permen karet sebab bisa menjaga kelembapan dari tenggorokan.
  3. Belilah produk Humidifier yaitu alat yang bisa melembabkan suhu udara dalam ruangan. Hampir sama dengan uap pada teko namun bedanya humidifier ini berpengaruh untuk seluruh ruangan.
Tangani dengan tepat dengan cara kontrol suara pada dokter, perbanyak konsumsi vitamin C dan antibiotik. Serta hindari mengkonsumsi air hangat jika tenggorokan anda kering.

Apa saja obat herbal untuk mengatasi suara serak atau parau?
  1. Rimpang Jahe : Untuk mengolah mungkin akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan madu. Cukup kupas jahe, geprek dan seduh dengan air hangat. Usahakan air yang digunakan tidak terlalu panas pada saat diminum.
  2. Kunyit : Rimpang kunyit ini bersifat mendinginkan. Tidak hanya untuk sakit tenggorokan saja, melainkan juga ampuh untu menurunkan demam. Kunyit bisa dioleh dengan cara diiris tipis kemudian rebus hingga mendidih. Diamkan dan bisa diminum jika sudah dingin.
  3. Air Garam : bahan ini sangatlah sederhana, namun kegunaan bagi kesehatan sangatlah banyak. Untuk menggunakan cukup seduh garam secukupnya dengan air hangat dan gunakan untuk berkumur.
Nah demikianlah artikel singkat mengenai Obat Herbal Dan Cara Menyembuhkan Suara Serak Atau Parau. Semoga bisa membantu dan tentunya kami harap bisa berguna untuk orang banyak. Jangan lupa di share ya..! Terima kasih! Baca Juga : Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *