-->

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Teh-Tehan Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Teh-tehan memang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa dari khasiat tersebut berupa pengobatan malaria, anti-radang, anti-virus dan hipertensi. Namun rasanya tidak lengkap jika kita mengetahui secara sepintas saja. Maka dari itu, untuk menambah wawasan mengenai tanaman obat yang ada pada lingkungan sekitar, kali ini kami akan merangkum sedikit referensi mengenai Kegunaan daun teh-tehan serta fungsi baik yang akan didapat oleh tubuh jika kita mengkonsumsinya. Nah untuk rincian singkat tersebut, yuk lanjut saja membacanya!

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Teh-Tehan Untuk Kesehatan

Tanaman teh-tehan mempunyai nama ilmiah Duranta Erecta, dan tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae. Teh-tehan merupakan sejenis tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai pagar hidup sekaligus juga tanaman hias yang banyak ditanam di pinggir rumah, ladang ataupun pinggiran pekarangan. Jadi secara umum tanaman ini sudah dikenal namun tidak banyak yang paham bahwa dibalik tanaman tetean ini juga tersimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah pertanyaannya adalah : Apa saja khasiat daun tetean untuk tubuh?

Sebelumnya kita harus mengetahui ciri khas dari tanaman ini, sebab mungkin sebagian pembaca tidak mengerti betul seperti apa tumbuhan tetean. Deskripsi singkatnya sangatlah sederhana, tanaman berupa perdu tahunan dengan ketinggian batang mencapai setengah meter. Batangnya bulat dengan ruas warna hijau, tekstur lunak dengan rambut halus dan getahnya putih. Daun tunggal berhadapan dengan bentuk ujung meruncing, tepi daun bergerigi serta bentuk bunga majemuk tumbuh pada bagian ketiak daun berbentuk kotak hijau semu kemerahan.

Senyawa yang terkandung pada tanaman tetean berupa flavonoid, tanin dan saponin. Dari ketiga zat inilah didapat manfaat yang cukup besar untuk kinerja organ tubuh dalam melawan penyakit. Berikut rincian lebih detail yang sudah kami sediakan.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Teh-Tehan Untuk Kesehatan :
  1. Mengatasi peradangan atau yang dikenal sebagai anti-inflamasi. Fungsi ini juga berguna sebagai pereda bengkak serta memar.
  2. Menghambat dan membunuh bakteri yang masuk kedalam tubuh. Dikenal juga dengan anti-bakteri, anti-virus dan anti-mikroba.
  3. Obat herbal untuk menyembuhkan malaria.
  4. Mengobati hipertensi (tekanan darah tinggi) karena berkemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.
Resep dan Cara mengolah daun tetean sebagai obat :
  • Malaria : Keringkan daun teh-tehan kemudian ambil sekitar 20gr untuk direbus dengan 1 gelas air. Tunggu hingga mendidih atau selama 10 menit, saring dan minum 2x sehari selagi hangat.
  • Hipertensi : Sediakan 30gr daun tetean yang masih segar. Rebus dengan 400cc air hingga mendidih. Minum 2x sehari @1 gelas untuk sekali konsumsi.
Demikianlah untuk postingan mengenai Manfaat Dan Khasiat Tanaman Teh-Tehan Untuk Kesehatan. Semoga dilain kesempatan kami bisa berbagi informasi yang lebih berguna dan dibutuhkan oleh orang banyak. Jangan lupa di share jika tulisan kami ini membantu! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter