-->

10 Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal

Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Fungsinya ialah untuk mengatur ekskresi terutama dalam bidang penyaringan kotoran pada darah kemudian dibuang melalui urin. Dalam beberapa kasus, Ginjal bisa saja mengalami gangguan seperti : Gagal ginjal, Batu ginjal, Ginjal bocor, Infeksi ginjal dan lain-lainnya yang megakibatkan suatu masalah pada ginjal dan bahkan bisa terjadi peradangan pada organ yang dimaksud. Jadi banyak sekali yang mencari tanaman obat yang bisa membersihkan ginjal. Maka dari itu, disini kami akan berbagi mengenai beberapa daftar tanaman obat yang tentunya bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.
10 Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal
Sebenarnya banyak sekali daftar tanaman herbal obat untuk ginjal. Namun kami hanya merangkumnya dari bahan yang mudah didapat saja. Sebab mungkin saja sobat tidak mengenal tanaman tersebut. Tapi dari lampiran dibawah ini, dari salah satunya pasti sobat sudah tahu. Penasaran? Mari kita langsung saja pada topik bahasan. Tapi alangkah baiknya jika sobat baca dulu : Tips Pengobatan Tradisional Radang Ginjal agar pengetahuan yang didapat lebih lengkap.

Ini dia daftar Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal yang bisa sobat ketahui :
  1. Air kelapa muda : Kandungan dalam air ini berupa : Vitamin C, Asam Folat, Asam Kalsium, Kalium, Magnesium, Nikotinat, Asam Pantotenat, Biotin, Riboflavin, Vitamin B Kompleks, Alanin, arginin, Asam glutamat, Thiamin. Fungsinya mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih. Caranya mengkonsumsi air degan ini secara rutin minimal 1x sehari.
  2. Lobak Putih : Sayur ini mengandung serat, Asam oksalat, Minyak atsiri, Fosfor, Beta karoten, Asam Folic, Kalsium, Mangan, Kolin, Niasin, Zat besi, Vitamin A, B1, B2, C, dan Vitamin E. Lobak putih bersifat diuretik yang sangat berguna untuk melancarkan saluran kencing. Untuk cara konsumsi bisa dijadikan sayur atau dibuat jus.
  3. Biji Mahoni : Tanaman obat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi pada pria maupun wanita. Cara penyajian pun sangat mudah. Cukup haluskan sekitar 3 biji mahoni kemudian diminum dengan air hangat sebanyak 2x sehari. Fungsinya sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.
  4. Daun Tempuyung : Pada tanaman ini terdapat senyawa berupa : Kalium, Flavonoid, Inositol, Taraksaterol, Silica, Alfalaktuserol, Batalaktuserol dan manitol sehingga berkemampuan untuk melancarkan saluran kemih (diuretik) manfaat lainnya yaitu mampu mengatasi peradangan pada ginjal. Cara menggunakan yaitu dengan menyeduh daun kering bubuk secukupnya. Minum paling tidak 2x sehari.
  5. Daun Sukun. Tanaman ini mampu untuk menyembuhkan gagal ginjal dan pembesaran prostat. Untuk cara konsumsi cukup seduh 1 sdm daun kering yang sudah dihaluskan dengan 100cc air hangat. Minum 1x sehari secara rutin.
  6. Kulit Semangka. Jika sobat mengalami infeksi pada ginjal, mungkin menggunakan bahan ini akan sangat membantu. Cukup seduh 1 sdm bubuk kulit semangka kering dengan 100cc air hangat. Minum 2x sehari. Tak kalah menarik >> Manfaat Dan Khasiat Biji Semangka Bagi Kesehatan
  7. Daun Sambung Nyawa. Banyak sekali manfaat dari tanaman ini dan salah satunya ialah berkaitan dengan penyakit ginjal. Senyawa didalamnya berupa : flavonoida, saponin, steroid, dan tanin. Resepnya cukup merebus 7 helai daun dengan 2 gelas air hingga mendidih. konsumsi 1/2 gelas sebanyak 3x sehari.
  8. Jarum Tujuh Bintang. Tanaman obat ini memang mempunyai nama yang pantas dengan manfaatnya. Sangat membantu dalam penyembuhan penyakit ginjal yang disebabkan oleh infeksi. Resep : Tumbuk kasar sekitar 15 lembar daun. Rebus dengan 400cc air. Minum 2x sehari.
  9. Biji Pepaya : Selain dikonsumsi daging buahnya, biji dari pepaya juga bisa dijadikan obat herbal. Khasiatnya juga boleh dibilang cukup banyak serta cara penggunaannya sangat mudah. Cukup jemur biji hingga kering, sangrai sebentar dan tumbuk hingga halus. Untuk meminum, cukup seduh 1 sdt dengan 1/2 air hangat.
  10. Akar Wangi. Mengandung senyawa Minyak Atsiri, Asam Vevitena, Asetat Vetivenyl,
    Vetiverol, Vetiverol Ester, dan Vetiveron. tumbuhan obat ini bermanfaat untuk mencegah gagal ginjal.
Demikianlah artikel singkat mengenai 10 Tanaman Obat Herbal Untuk Ginjal. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang yang membutuhkan. Sobat bisa baca juga :

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter