-->

7 Tanaman Obat Untuk Mimisan

Obat Herbal Tradisional Mimisan memang sudah umum digunakan oleh kalangan masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Bahan yang sederhana namun fungsinya boleh dibilang sangat baik untuk menghentikan pendarahan yang terjadi karena mimisan. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan seputar tanaman obat yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit pengetahuan sederhana yang mungkin saja bisa membantu bagi orang yang sedang membutuhkan.

Mimisan sangat umum sekali dialami oleh semua orang. Entah itu remaja dewasa ataupun yang masih anak-anak. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi mengenai 7 Tanaman Obat Untuk Mimisan yang tentunya bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengobati dan menghentikan mimisan.

Sobat tentu sudah tahu apa itu mimisan? Mimisan adalah terjadinya pendarahan pada hidung yang diakibatkan oleh benturan atau pukulan yang tidak sengaja. Keluarnyapun secara tiba-tiba, hal ini karena pembuluh darah dan selaput lendir dalam hidung pecah, terlalu sering mengorek hidung, selaput lendir yang mengering, tekanan darah tinggi, demam tinggi dan juga bisa merupakan ciri-ciri penyakit tumor. Sehingga mimisan ini tidak boleh dianggap remeh dan dibutuhkan penanganan khusus untuk segera mengobatinya.
7 Tanaman Obat Untuk Mimisan
Untuk sekedar pertolongan pertama jika hanya mimisan ringan yang diakibatkan benturan dan pusing, maka sobat bisa memajukan badan beserta hidung dengan menjepit lubang hidung dengan tangan dan bernafas dengan mulut. Biasanya darah akan berhenti dengan cepat atau hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 menit. Namun jika masih berlanjut, alangkah baiknya jika sobat konsultasikan dengan dokter agar mendapat pencerahan lebih jelas dan tidak salah kaprah.

Nah kembali pada topik bahasan. Apa saja tanaman herbal untuk mimisan? Jika langkah diatas sudah sobat lakukan dan darah memang benar-benar berhenti, maka untuk langkah selanjutnya guna mencegah mimisan terjadi lagi, berikut resep 7 Tanaman Obat Untuk Mimisan yang bisa sobat sediakan!
  1. Daun Sirih : Caranya sangat sederhana, gulung 1 lembar daun sirih dan remas hingga sedikit lepek dan mengeluarkan aroma. Sumbatkan pada lubang hidung (cara ini bisa langsung digunakan pada saat terjadi mimisan).
  2. Rambut jagung : Sebelumnya kami sudah menjelaskan mengenai bahan herbal yang satu ini. Cara menggunakan sangat mudah, Cuci 2 genggam rambut jagung kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Minum 2x sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.
  3. Akar Teratai : teteskan air perasan akar teratai pada hidung, caranya dengan menumbuk atau menghalukannya terlebih dahulu.
  4. Pegagan : Tanaman ini memang mempunyai kandungan cukup baik yang sangat ampuh untuk kesehatan tubuh kita. Untuk menggunakannya sebagai obat mimisan, cukup rebus daun pegagan dengan air secukupnya, konsumsi 2x sehari agar hasil lebih maksimal.
  5. Kulit ari kacang tanah : Mungkin sobat tidak tahu akan fungsi dari kulit ari ini. Namun dengan adanya mimisan, maka ada cara untuk menggunakannya sebagai obat. Pertama sediakan 1 genggam kulit ari kacang tanah, rebus dengan 400cc air (2 gelas) dan minum air rebusan tersebut 2x sehari.
  6. Akar alang-alang : Ambil sekitar 60gr (kira-kira saja) rebus dan minum airnya selagi hangat.
  7. Jus sayur kangkung : Nah manfaat dari bahan ini memang sudah tidak asing lagi. Tapi yang jadi pertanyaan adalah : Apa bisa kangkung digunakan untuk obat mimisan? Jawabannya benar sekali. Caranya yaitu dengan meblender sayur kangkung secukupnya dan tambahkan sedikit gula pasir agar rasa yang didapat lebih enak. Konsumsi secara rutin 1x sehari.
Demikianlah artikel singkat mengenai 7 Tanaman Obat Untuk Mimisan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi orang banyak terutama bagi sobat yang sedang membutuhkan. Untuk mendapat informasi lain seputar tanaman obat, silahkan cek juga postingan kami pada related post dibawah. Salam sehat dan selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter