-->

19 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Rambutan diketahui hanya sebagai bahan konsumsi saja. Namun siapa sangka jika dibalik semua itu juga tersimpan berjuta rahasia kesehatan dan kecantikan. Jika sobat belum mengetahuinya, maka alangkah baiknya jika sobat membaca rangkuman singkat yang sudah kami tulis dibawah ini!

Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah salah satu jenis buah yang bisa hidup di daerah tropis sehingga tidak heran jika banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara yang salah satunya Indonesia. Buah ini banyak ditemukan didataran tinggi dengan suhu yang lebih dingin (pada suhu ini rambutan akan lebih mudah berbuah). Nah kenapa disebut dengan "Rambutan"? Sebab kulitnya mempunyai bentuk menyerupai rambut.
19 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Deskripsi singkat mengenai pohon rambutan ialah terletak pada batang beserta keseluruhan yang mempunyai warna hijau abadi, daun menyirip dan bunga majemuk tersusun karangan. Warna bunga hijau agak sedikit keputihan. Sedangkan buah berwarna hijau kekuningan pada saat masih muda dan berubah menjadi merah jika sudah matang. Buah Rambutan kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Tak hanya itu, buah ini juga sangat baik dunia kecantikan, sehingga sangat banyak juga yang memfavoritkannya.

Sobat pasti sudah paham betul jika buah mempunyai fungsi cukup baik bagi tubuh kita. Dan hal tersebut tentunya didukung oleh kandungan nutrisi didalamnya. Adapun Gizi yang bisa didapat dari rambutan diantaranya : Kalori, kalium, serat, karbohidrat, protein, fosfor, lemak, kalsium, zat besi, dan vitamin C. Senyawa lainnya juga bisa didapat seperti : Tanin dan saponin pada kulit buah, lemak dan polifenol pada biji, tanin dan saponin pada daun, serta tanin, saponin, flavonoid, petric substance, dan zat besi pada kulit batangnya.

16 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan :
  1. Antioksidan : Hal ini didukung oleh kandungan vitamin C yang tinggi, fungsi ini bisa mencegah kita dari serangan radikal bebas seperti bakteri dan kuman. Jadi tubuh akan lebih sehat serta terhindar dari penyakit.
  2. Mengatasi masalah mengenai sistem pencernaan, entah itu sembelit dan lain-lainnya.
  3. Penambah Energi : Karbohidrat dan protein dalam buah rambutan sangatlah besar sehingga mampu memebuhi kebutuhan gula dalam tubuh. Dalam hal ini tubuh kita akan menjadi lebih kuat, tidak mudah emas dan mampu menahan lapar lebih lama. Buah rambutan bisa digunakan sebagai menu alternatif untuk program diet.
  4. Melancarkan sirkulasi dan peredaran darah, fungsi ini sangat baik untuk mencegah hipertensi dan juga secara tidak langsung mencegah penggumpalan darah sehingga oksigen bisa diedarkan secara normal keseluruh tubuh.
  5. Mencegah anemia dan gejala yang disebabkan. Sobat tentunya sudah tahu gejala apa saja yang akan muncul jika kita kekurangan darah. Salah satunya ialah 4 L (Lemah, Letih, Lesu, Lunglai) dan sering mengalami pusing serta mata kunang-kunang.
  6. Meningkatkan, menyehatkan dan memaksimalkan kinerja organ ginjal. Sehingga salah satu dari organ metabolisme tubuh ini bekerja secara normal.
  7. Bersifat sebagai anti kanker yang sangat ampuh, kandungan asam gallic sangat membantu dalam mencegah dan membunuh sel kanker serta tumor dalam tubuh.
  8. Mampu menyembuhkan sariawan, panas dalam serta mengurangi bibir pecah-pecah.
  9. Bersifat sebagai Antipretik yang mampu menurunkan demam atau panas.
  10. Mengobati diare dan disentri.
  11. Menurunkan kadar gula darah dan sangat baik untuk terapi penyembuhan diabetes mellitus (kencing manis).
  12. Menurunkan dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
  13. Bersifat sebagai Anti-Inflamasi yang mampu mencegah peradangan atau pembengkakan.
  14. Menjaga kekuatan tulang dan gigi, hal ini ditopang adanya kandungan fosfor beserta kalsium yang sangat baik untuk mencegah kerusakan atau pengeroposan tulang (osteoporosis).
  15. Meningkatkan daya pikir dan kecerdasan otak.
  16. Meregenerasi sel saraf dan otot yang rusak.
  17. dll.
Selain semua kegunaan diatas, ada juga 3 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kecantikan. Mengenai ringkasan lanjutnya, silahkan sobat cek rangkuman dibawah ini :
  1. Menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Hal ini didukung dengan adanya anti-aging pada vitamin c yang juga mampu mengurangi garis halus dan keriput pada wajah.
  2. Menurunkan berat badan : sebenarnya hal ini sudah kami jelaskan diatas, tapi vitamin C mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga memaksimalkan penyerapan sari makanan tanpa harus menumpuk lemak atau racun dalam tubuh. Di dukung karbohidrat dan kalori, membuat perut kita merasa kenyang lebih lama.
  3. Mengurangi dan menghitamkan kembali rambut yang mulai beruban.
  4. dll.
Nah sobat tentunya masih bertanya tentang bagaimana cara menggunakan rambutan sebagai obat herbal. Maka dari itu kami juga melampirkan beberapa resep sederhana yang mungkin bisa membantu!
  • Disentri : Siapkan sekitar 10 kulit buah yang dicuci bersih. Selanjutnya dipotong kecil dan direbus dengan 3 gelas air. Setelah dingin bisa disaring dan dikonsumsi 2x sehari setengah gelas perminum.
  • Demam : Keringkan kulit buah rambutan dan ambil 15gr. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Saring dan tiriskan, bisa diminum 3x sehari 1/2 setiap kali minum.
  • Kencing Manis (Diabetes Mellitus) : Siapkan 5 biji buah rambutan, sangrai hingga agak kehitaman dan dihaluskan dengan cara ditumbuk (Layaknya kopi). Seduh dengan 100cc air mendidih kemudian diminum 1 hingga 2x sehari.
  • Sariawan : Sediakan 3 ruas jari kulit pohon, cuci dan rebus dengan 400cc air hingga tersisa separuhnya. Kemudian digunakan sebagai obat kumur.
  • Perawatan Rambut : Siapkan beberapa helai daun rambutan, dicuci kemudian haluskan. Tambahkan sedikit air hingga berubah agak kental. Peras dan gunakan airnya sebagai tonik dengan cara membasahi kulit kepala secara merata.
  • dll.
Demikianlah artikel seputar 19 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Salam sehat dan cantik selalu. Selamat mencoba ya..!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter