-->

10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia

Tanaman Obat Untuk kurang darah memang banyak sekali macamnya. Dan hal tersebut bisa kita peroleh dari berbagai sumber makanan yang salah satunya ialah sayuran hijau yang kaya akan zat besi selaku penopang dalam pembentukan sel darah merah yang baru bagi tubuh kita. Anemia sendiri juga banyak disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya ialah gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang tidur, atau juga berkaitan dengan kurangnya asupan vitamin dan juga diakibatkan oleh minuman keras dan rokok.
10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia
Dampak dari anemia bisa bervariasi, seperti contohnya sering puing, pucat dan tubuh serasa lemas. Dan untuk mengatasi tersebut, ada banyak langkah yang bisa sobat tempuh. Pertama sobat harus cukup istirahat (jangan suka begadang), kedua menjaga pola makan sehat seperti mengkonsumsi sayur dan daging, serta memperbanyak gerak dengan cara oleh raga atau minimal melakukan pelemasan otot setiap 2 jam sekali. Untuk mengetahui fungsi darah secara lengkap, silahkan sobat baca dulu : Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia

Nah pertanyaannya disini adalah : Apa saja makanan dan minuman yang bisa mengobati anemia atau kurang darah? Mungkin beberapa jawaban singkat yang sudah kami rangkum dibawah ini bisa membantu sobat memecahkan masalah yang sedang sobat alami.

Untuk makanan, sobat bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Vitamin B dan zat besi. Contohnya yaitu berpa buah dan jenis sayur dari kacang-kacangan. Seperti : Jambu, Kedelai dan kacang tanah. Sedangkan untuk sayur, kandungan zat besi terbanyak terdapat pada : bayam, daun kacang panjang, dan pucuk daun singkong. Serta juga bisa menggunakan alternatif bahan herbal berupa jamu dari daun-daunan yang bisa kita peroleh dari lingkungan sekitar.

10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia :
  1. Daun Katuk : Obat herbal ini merupakan salah satu jenis sayur yang bisa dijadikan lalapan. Jika digunakan secara normal, daun katuk cukup ampuh untuk mengatasi anemia. Kandungan didalamnya terdapat senyawa berupa Protein, Vitamin K, Pro-Vitamin A, Serat Kasar, Kalsium, Zat Besi, Kalium, Magnesium, Fosfor, Vitamin B, Vitamin C. Dan dari kandungan tersebut juga terdapat zat besi yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah dan tentunya pencegahan serta mengobati anemia.
  2. Bawang Putih : Mungkin sobat tidak sadar bahwa bumbu dapur yang satu ini juga bisa mengobati kurang darah. Padahal dengan hanya mengguakannya sebagai rempah saja kita sudah mendapatkan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan pada bawang putih berupa Kalsium, Vitamin C, Serat dan karbohidrat dan juga zat besi.
  3. Bunga Asoka : Kandungan senyawa kimia pada bunga ini diantaranya : Hematoksilin, Zat Organik, Tanin, Z at Besi, saponin, , Flavonoid, dan catachin. Fungsi dari bunga ini sangat membantu dalam mengontrol tekanan darah dan juga membantu dalam pembentukan sel darah merah yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.
  4. Leunca : Untuk jenis tanaman obat ini mungkin sangat jarang ditemui, sebab keberadaannya hanya bisa ditemukan pada daerah tertentu dan juga sangat jarang dikonsumsi dikarenakan kandungan racun didalamnya sangat tinggi. Hanya jenis tertentu yang bisa dikonsumsi sebagai sayur. Kandungan pada leunca juga ampuh untuk mengatasi anemia dan melancarkan sistem peredaran darah. Dan kandungan tersebut diketahui berupa : Kalsium, solasonin, Fosfor, Vitamin A, Vitamin C, Zat Besi, Solanin, Glikoalkaloid, Solasodin, Solanidin, Saponin, Atropin, Diosgenin, tigogenin, Minyak Semak, Zat Samak, Kalori, Protein, dan lemak.
  5. Kubis / Kol : Sayur ini banyak ditemukan dipasaran, beberapa gizi didalamnya ialah Fosfor, Kalium, Kalsium, Natrium, zat besi, Vitamin A, B, C, dan E. Serta zat lain yang bernama Glutation. Kubis bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dan juga tentunya terkait dengan pencegahan anemia.
  6. Kunyit : Rimpang yang satu ini memang selalu ikut andil dalam mengobati berbagai macam jenis penyakit. Selain memberi efek dingin dan mampu menurunkan demam, ternyata kunyit juga berpengaruh dalam mengobati anemia. Dan untuk penggunaan secara lengkap, sobat bisa langsung baca : Manfaat Dan Cara Membuat Jamu Kunyit
  7. Bayam : Sayur yang satu ini cukup baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kandungan nutrisi pada bayam cukup untuk memenuhi kebutuhan janin. Beberapa nutrisi pada bayam ialah : Protein, Zat Besi, Kalsium, magnesium, Flavonoid, Vitamin A dan C, Asam Folat. Dan penopang lainnya juga terdapat zat besi yang bisa mencegah anemia atau kurang darah.
  8. Kacang Panjang : Selain dikonsumsi buahnya, kacang panjang bisa juga dimakan daunya sebagai sayur lalapan. Kandungan pada kacang panjang berupa Thiamin, Riboflavin, Zat besi, Fosfor, Kalium, Vitamin C, Asam Folat, Magnesium, Mangan, Protein, Vitamin A, Kalori, Lemak. Natrium, Karbohidrat. Sangat baik untuk mengatasi anemia dan juga melancarkan sistem pencernaan.
  9. Daun Ketela Pohon : Mungkin bagi sebagian orang sangat jarang mengkonsumsi sayur yang satu ini. Sayur ini dikenal dengan nama pucuk prancis (padang) dan umum dipakai sebagai sayur pada warung masakan padang. Daun ketela pohon ini mengandung Protein, Fosfor, Kalisum, Zat besi, Vitamin A dan C. Selain untuk anemia, daun ini juga sangat baik untuk mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang).
  10. Jagung : Buah pengganti bahan pokok nasi ini sangat umum dikenal oleh kalangan masyarakat. Sebab sudah banyak produk olahan yang berasal dari jagung. Contohnya popcorn dan juga dikonsumsi sebagai sayur dan jagung bakar. Kandungan nutrisi pada jagung berupa Air, Asam Folat, Ferrum, Fosfor, Kalori, Kalsium, Karbohidrat, Lemak, Tembaga, Seng, Selenium, Protein, Vitamin A , C, Zat Besi dan Vitamin B1. Cukup baik juga untuk mengurangi anemia.
  11. dll.
Sebenarnya masih banyak lagi ulasan mengenai tanaman berupa buah dan bahan pangan lain yang membantu untuk mengatasi anemia. Dan sobat bisa mencari sendiri dengan menggunakan form pencarian diatas dengan kata kunci "Anemia" atau "Zat Besi". Dan dengan mengetik kata kunci tersebut, maka akan muncul postingan kami yang terkait dengan artikel yang sedang sobat cari.

Nah mungkin itu saja yang bisa kami berikan mengenai 10 Tanaman Obat Herbal Untuk Anemia. Kunjungi terus blog ini untuk mendapat update artikel dari kami. Dan jangan lupa di share juga sama teman-teman yang lain agar ilmu sederhana ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sekian dari kami dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter