-->

Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Srikaya | Srikaya (Annona squamosa) adalah tumbuhan penghasil buah yang bisa hidup dengan baik pada lingkungan tropis dengan suhu panas dan kering. Buahnya mempunyai rasa yang begitu manis dan mempunyai banyak kandungan zat besi yang juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun disini kami tidak membahas hal tersebut melainkan khasiat dari daun yang selama ini dianggap tidak berguna bagi kalangan masyarakat. Itu karena mereka tidak tahu dan hanya berkomentar seadanya saja. Tapi jika di usut, sangat banyak sekali manfaat dari daun srikaya yang perlu kita ketahui.
Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan
Daun Srikaya mengandung banyak sekali senyawa kimia, diantara kandungan tersebut berupa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, minyak, kamphor, dan zat beracun. Jika dikonsumsi melebihi dosis, mungkin akan berdampak kurang baik bagi tubuh seperti keracunan, diare dan pusing serta mual. Namun jika digunakan dengan benar, sangat besar sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut rincian singkatnya!

Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan :
  1. Bersifat sebagai Anti-Inflamasi (anti peradangan).
  2. Bersifat sebagai Antipretik (menurunkan panas atau demam).
  3. Meredakan Batuk ringan dan sakit tenggorokan.
  4. Sangat ampuh untuk memperlancar sistem pencernaan.
  5. Mengobati pilek disertai demam.
  6. Mengeluarkan cacing dalam tubuh (obat cacingan).
  7. Berkemampuan untuk menurunkan asam urat.
  8. Meredakan nyeri  sendi dan rematik.
  9. Obat alami untuk diare dan disentri.
  10. Mempercepat penuaan bisul.
  11. Bersifat menenangkan.
  12. Mengatasi penyaki kulit seperti gatal, kudis, dan jamur lainnya.
  13. dll.
Bagaimana cara mengunakan daun srikaya sebagai obat? Mungkin ringkasan resep dibawah ini bisa menjawab pertanyaan tersebut.
  • Melancarkan sistem pencernaan : Dalam hal ini metode yang digunakan ialah pengobatan dari luar. Cukup sediakan beberapa lembar daun srikaya yang sudah dicuci bersih. Haluskan dan tambahkan sedikit minyak goreng. Selanjutnya tinggal oleskan pada area perut secara merata.
  • Mempercepat Penuaan Bisul : Ambil daun srikaya, cuci bersih dan ditumbuk hingga halus. Tapalkan pada bisul dan bisa diganti jika sudah kering. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.
  • Mengobati cacingan : Sediakan sekitar 10 lembar daun srikaya dan rebus dengan 400cc air (2 gelas). Minum selagi hangat dengan porsi 1x sehari setengah gelas.
  • Sebagai Obat Penenang : Tumbuk daun srikaya hingga halus kemudian dekatkan dengan hidung.
  • Untuk penyakit kulit : Haluskan daun srikaya kemudian tambahkan kapur sirih secukupnya. Oleskan pada area yang ingin diobati.
  • Untuk demam : Sediakan 15 lembar daun srikaya, rebus dengan 600cc air ditambah irisan kunyit hingga mendidih. Saring dan dapat diminum sehari 2 kali setengah gelas per konsumsi.
Demikianlah arikel singkat mengenai Manfaat Daun Srikaya Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter