-->

Manfaat dan Khasiat Tanaman Inggu Bagi Kesehatan

[Manfaat dan Khasiat Tanaman Inggu Bagi Kesehatan] - Kali ini kami masih mengambil bahasan mengenai salah satu tanaman obat yang mempunyai kegunaan cukup baik untuk kesehatan tubuh kita yaitu tanaman inggu. Masih dalam klasifikasi dari kerajaan plantae, inggu mempunyai nama latin dengan sebutan Ruta angusttifolia. Tumbuhan yang diduga berasal dari Eropa dan Afrika dan memang banyak yang membudidayakan sebagai apotik hidup.

Yang sering dipertanyakan disini adalah mengenai apa saja kandungan kimia yang terdapat pada tanaman inggu ini. Dengan aroma yang khas dan sedikit pahit dan sedikit kandungan racun didalamnya. Namun dengan pengolahan yang tepat, tanaman ini sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Beberapa kandungan tersebut diantaranya : Katone, metil-noniketone, asam modic, rutin, xanthotoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena. Dan mengenai ciri serta perawakan tanaman, sobat bisa cek cuplikan gambar dibawah ini!
Manfaat dan Khasiat Tanaman Inggu Bagi Kesehatan
Nah kembali pada topik bahasan, Apa saja Manfaat Daun dan batang Tanaman Inggu ? Mungkin jawaban singkat dibawah ini bisa membuat sobat sedikit paham dan mengerti akan kegunaan tanaman obat yang satu ini.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Inggu Bagi Kesehatan :
  1. Meringankan kejang pada anak.
  2. Menurunkan demam dan influenza.
  3. Mengatasi penyakit ayan.
  4. Bersifat sebagai analgesik yang mampu mengurangi rasa nyeri.
  5. Melancarkan haid atau telat datang bulan.
  6. Menyembhkan radang disertai nanah pada kulit.
  7. Meringankan radang paru-paru.
  8. Mengobati batuk dna sakit tenggorokan.
  9. Mengeluarkan cacing dalam tubuh.
  10. Mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan hewan (Ular & Kalajengking).
  11. Mengatasi Kolik, Radang Vena, Sakit gigi, pusing, dan lain-lainnya.
Bagaimana Cara menggunakan tanaman inggu sebagai obat? Yuk belajar bersama, siapa tahu bisa saling membantu dan tentunya bisa berbagi ilmu yang berguna bagi khalayak banyak.

Obat Tapal Untuk Eksim dan Luka Luar
Sediakan sekitar 20 lembar daun inggu, 1 jari kunyit dan 1 sdt beras putih. Haluskan semua bahan setelah dicuci bersih kemudian oleskan pada area kulit yang ingin diobati.

Untuk Liver Atau Sakit kuning
Larutkan ekstrak getah inggu dengan segelas air hangat kemudian minum. Atau bisa menyediakan 7 lembar daun yang direbus dengan 3 gelas air. Dan bisa diminum selagi hangat sehari 2 kali sampai sembuh.

Untuk Demam, Masuk Angin, Pegal Linu
Siapkan sekitar 1 genggam daun inggu dengan 1 ruas lengkuas atau jahe. Tumbuk kasar kedua bahan kemudian direbus dengan air 200cc. Diminum selagi hangat dan khasiat lain dari jamu ini juga melancarkan keluarnya keringat. Untuk hasil yang lebih maksimal, sobat bisa juga menambahkan 1 sendok madu untuk setiap kali konsumsi.

Untuk Sakit Gigi
Siapkan beberapa lembar daun inggu kemudian dihaluskan. Peras hingga keluar airnya. Dan gunakan air tersebut dengan kapas kemudian dimasukkan pada gigi yang sakit atau berlubang.

Untuk Menurunkan demam dan kejang pada anak
Sediakan 3-5 lembar daun inggu yang direndam dengan air cuka. Setelah sekitar 30 menit air rendaman tersebut bisa digunakan sebagai obat kompres.

Sudah mengerti kan apa saja manfaat dari daun inggu ini? Selain khasiat diatas, daun inggu juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kepala yaitu cukup baik dalam menghilangkan ketombe. Dan cara menggunakan ialah cukup dengan menghaluskan daun inggu secukupnya. Peras dan gunakan air tersebut untuk dioleskan pada seluruh area kepala. Sangat baik untuk kulit kepala kering dan gatal-gatal.

Mungkin itu saja mengenai Manfaat dan Khasiat Tanaman Inggu Bagi Kesehatan, semoga artikel yang kami tulis ini bisa menambah wawasan sobat tentang tanaman obat yang berada dilingkungan sekitar.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter