-->

Manfaat dan Khasiat Tanaman Daruju Bagi Kesehatan

Khasiat tanaman daruju memang boleh dibilang cukup banyak untuk kesehatan tubuh kita. Memang secara farmatologi sudah dibuktikan bahwa kemampuan kandungan senyawa kimia alami didalamnya terbukti ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya ialah sebagai penyembuh radang hati, batuk, TBC kulit, Gondok(gondongan), dan lani-lain sebagainya.

Ciri dan Deskripsi tanaman :
Masih tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae dengan nama latin atau ilmiah Acanthus ilicifolius Linn. Batang silindris dengan permukaan bulat licin, daun tunggal bertangkai pendek dengan keberadaan daun berhadap-hadapan, bunga mejemuk berkumpul dalam bulir, dan biji buah buni memanjang dengan warna kecokelatan. Jeruju atau daruju bisa ditemukan ditepi rawa, sungai serta pinggir pantai dengan habitat berlumpur dan air payau.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Daruju Bagi Kesehatan

Nah pertanyaannya adalah : Apa saja kandungan kimia alami pada tanaman daruju? Beberapa yang kami ketahui diantaranya berupa saponin, polifenol, alkaloid dan flavonoid, dan Asam amino.

Manfaat dan Cara menggunakan Tanaman Daruju :
1. Untuk obat kanker
Rebus akar daruju (30-120g) dan daging sapi tanpa lemak (60-120g) dengan air 500cc hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas (200cc). Minum tiap pagi dan sore hari dengan menambah sedikit madu. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari.
2. Untuk Cacingan
Siapkan 8 butir biji daruju kemudian dicuci bersih, tumbuk hingga halus kemudian diseduh dengan air panas sebanyak 1 cangkir. Minum sehari 2x masing-masing setengah cangkir.
3. Untuk obat luka (Pisau beracun, sengatan hewan)
Kunyah akar kering daruju hingga halus, tapalkan pada area kulit yang luka kemudian diperban. Untuk hasil yang maksimal, ganti obat tapal setiap 2 hingga 3 hari sekali.
4. Daruju Untuk Bisul (penyakit kulit)
Haluskan 4 biji daruju hingga berbentuk bubuk. Seduh dengan air secukupnya dan bisa diminum 1x sehari sampai sembuh.
5. Untuk Obat Batuk
Siapkan 4 biji daruju segar, haluskan kemudian direbus dengan air 200cc(1 gelas) selama sekitar 25 menit atau sampai mendidih. Saring dan bisa langsung dikonsumsi sehari sekali.
6. Untuk obat Hepatitis, hati, dan limfa.
Siapkan 60g akar daruju kering, kemudian direbus dengan 2 gelas air. Tambahkan 1 sendok madu tiap kali meminumnya. Porsi ini bisa dikonsumsi 2x dengan takaran 1 gelas per minum.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat dan Khasiat Tanaman Daruju Bagi Kesehatan. Semoga bisa berguna dan membantu bagi sobat yang membutuhkan. Sekian dan selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter