-->

Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan - Bunga yang diduga berasal dari Amerika ini merupakan salah satu jenis tanaman yang tergolong dalam keluarga kaktus. Dengan bentuk yang cukup unik dan cantik, tidak heran jika banyak dari kalangan masyarakat yang memanfaatkan bunga ini sebagai tumbuhan hias yang juga berkhasiat obat. Mempunyai nama latin (Epiphyllum anguliger), Bunga wijaya kusuma juga mempunyai multi fungsi yang merangkap sebagai obat herbal.

Ciri-ciri / Deskripsi Bunga Wijaya Kusuma :
Bentuk pohon hampir sama persis dengan buah Naga dengan hidupnya menopang pada media disekitarnya. Batang terbentuk dari helaian daun yang menua atau mengeras. Batang berbentuk silinder, pipih dengan warna hijau. Permukaan daun halus tanpa duri dan ditumbuhi tunas dan juga bunga (ciri ini hampir sama persis dengan cocor bebek). Bunga berwarna putih dan hanya mekar dimalam hari, diameter bunga mencapai 10cm, serta berbuah bulat dengan warna merah diserta biji berwarna hitam. Sedangkan untuk perkembang biakan, sobat bisa memanfaatkan stek batang atau juga dengan penyemaian kembali biji buah.
Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan
Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja Manfaat Dan khasiat bunga wijaya kusuma bagi tubuh? Serta bagaimana cara mengolah bunga wijaya kusuma sebagai obat? Mungkin jawaban singkat kami dibawah ini bisa membantu sobat yang sedang mencari informasi.

Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan :
  1. Meredam rasa sakit dan nyeri (Analgesik).
  2. Mencegah pembekuan darah (mengatasi aliran darah yang tidak lancar).
  3. Mempercepat penyembuhan luka abses.
  4. Obat herbal untuk anti-radang / pembengkakan.
  5. Menyembuhkan dan mempercepat penuaan bisul.
  6. Melancarkan sistem pencernaan terutama mengatasi sembelit.
  7. Menghentikan pendarahan pada kaum wanita (hemostatis).
  8. Menyembuhkan batuk dan muntah darah.
  9. Mengatasi Tuberkulosis paru.
  10. Penambah tenaga yang mampu meningkatkan stamina.
  11. dll.
Sedangkan untuk cara penggunaan, sobat tidak perlu langkah rumit dalam mendapat khasiat dari bunga wijaya kusuma, untuk lebih detailnya, alangkah baiknya jika mengikuti resep berikut :
  • Untuk Bisul : Cukup menempelkan bunga pada bisul sebelum tidur. Lakukan langkah ini secara teratur.
  • Obat Luka : Tumbuk dan tapalkan batang pada luka. Perban atau balut dengan kain halus. Jika dilakukan secara rutin, maka luka akan lebih cepat mengering.
  • Untuk Jamu / Konsumsi : Siapkan 3-5 kuntum bunga wijaya kusuma, rebus dengan 400cc air atau setara dengan 2 gelas hingga mendidih. Selanjutnya saring dan diminum.
Untuk sobat yang tidak suka dengan pahit terutama kaum ladies, tidak perlu sungkan untuk mengkonsumsi jamu herbal wijaya kusuma ini, rasanya cuma sedikit asin dan asam dengan kesan menyejukkan.

Demikian artikel mengenai Manfaat Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan. Semoga bisa berguna dan menambah wawasan seputar dunia tanaman obat.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter