-->

Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan darah merupakan salah satu elemen yang berperan utama sebagai pengangkut oksigen dan juga menyuplai sari makanan pada seluruh tubuh. Jika dibahasa secara singkat, cairan berawana merah ini berfungsi sebagai penyuplai nutrisi serta mengandung berbagai penyusun sistem imun guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh khususnya terhadap serangan virus atau berbagai macam penyakit.

Pada manusia, sirkulasi menggunakan sistem tertutup yang artinya aliran berada dalam pembuluh darah yang dipompa oleh jantung menuju paru-paru guna menyerap karbondioksida dan mengalirkan kembali oksigen kepada seluruh tubuh.
Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia
Apa saja Komposisi darah pada manusia? Sebenarnya jawaban ini sangat sederhana saja. Diantara beberapa zat pembentukan darah manusia ialah : Air, Protein, Mineral dan garam. Jika dipecah, Protein berupa Albumin, globulin, protrombin dan fibrinogen. Mineral diantaranya : Natrium klorida, Natrium Bikarbonat, Garam dari kalsium, Fosfor, Kalium Serta zat besi, Dan Nitrogen.

Plasma Darah berupa : Albumin, Bahan pembeku darah, Immunoglobin, Hormon, berbagai jenis protein, dan berbagai jenis garam.

Darah Manusia terdiri dari beberapa korpuskula, Beberapa diantaranya ialah :
  1. Sel darah Merah (Eritrosit) : Eritrosit mengandung hemoglobin yang berfungi mengedarkan oksigen. Jika manusia kekurangan zat ini, maka akan terkena anemia. Eritrosit atau sel darah merah ini juga menentukan dalam pembentukan golongan darah.
  2. Trombosit (kepingan darah) : Nah zat yang satu ini berguna untuk proses pembekuan darah. Sangat berguna dalam menghentikan pendarahan pada luka atau yang lainnya.
  3. Sel darah Putih (Leukosit) : Komposisi sel ini sangat berpengaruh bagi tubuh kita. Jika berlebihan akan mendrita leukimia dan jika kurang maka akan mengalami penyakit Leukopenia. Fungsi dari sel ini sebagai penguat sistem imun tubuh.
Nah jika mengambil kesimpulan, maka sebenarnya sobat sudah tahu mengenai apa saja fungsi darah bagi tubuh kita. Namun untuk lebih terperinci, berikut ini kami sudah merangkum sedikit jawaban dari pokok bahasan mengenai darah. Yuk cek sama-sama!

Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia :
  • Plasma darah berguna untuk mengedarkan zat makanan pada seluruh tubuh.
  • Sel darah Merah berfungsi untuk menyuplai oksigen dan mengembalikan karbondioksida pada paru-paru.
  • Membunuh kuman yang masuk dalam tubuh.
  • Menutup luka yang dilakukan oleh kepingan darah.
  • Mengedarkan hormon yang dikeluarkan Endokrin (kelenjar buntu)
  • dll.
Fungsi darah juga mengangkut bahan sisa metabolisme berupa obat-obatan serta bahan kimia lain yang kemudian diangkut pada hati. Dilanjutkan pada penguraian dan dibawa pada organ ginjal untuk dibuang berupa air seni.

Rangkuman Untuk Fungsi Darah Pada Manusia :
  1. Berperan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru pada seluruh tubuh.
  2. Menutup luka (melakukan pembekuan) serta mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut.
  3. Menyuplai sari makanan (kebutuhan nutrisi) dari usus pada seluruh jaringan tubuh.
  4. Mengangkut karbondioksida dan sisa metabolisme dari jaringan tubuh menuju pada alat pembuangan (ekskresi).
  5. Menjaga keseimbangan (pH) cairan dalam tubuh guna mencegah terjadinya suatu kerusakan pada jaringan atau sel tubuh yang disebabkan senyawa buffer.
  6. Mengatur penyebaran hormon khususnya dari kelenjar endokrin pada seluruh sel dalam tubuh.
  7. Menjaga, mengontrol dan menstabilkan suhu tubuh tetap normal.

Demikianlah bahasan singkat mengenai artikel Fungsi Darah Bagi Tubuh Manusia. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu dalam menambah ilmu dan wawasan bago sobat semua. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter