-->

6 Obat Herbal Untuk Sakit Tenggorokan

Obat Herbal Sakit Tenggorokan memang menjadi salah satu cara alami untuk menyembuhkan masalah yang terjadi pada tenggorokan kita. Kenapa tenggorokan terasa sakit? Dalam hal ini banyak sekali pemicu yang mungkin menjadi penyebab dari sakit tersebut. Oleh karena itu, kita harus mawas diri dalam menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan kemampuan kita.

Sakit tenggorokan umum sekali diderita oleh orang yang kekurangan vitamin serta kurangnya asupan mineral. Salah satu contoh penyebab sakit tenggorokan diantaranya ialah : Terlalu sering merokok, kurang mengkonsumsi air putih, Kelelahan, banyak minum kopi dan juga hal lain yang tentunya berhubungan seperti makan gorengan, dan kegiatan lain.

Bagaimana Cara mencegah sakit tenggorokan? Ada berbagai tips ringan yang bisa sobat lakukan, pertama jaga pola makan dan gaya hidup sehat. Perbanyak tidur dengan waktu teratur, minum air putih dan kurangi kegiatan yang merusak seperti merokok.
6 Obat Herbal Untuk Sakit Tenggorokan
6 Obat Herbal Untuk Sakit Tenggorokan
Apa saja Obat herbal yang cocok untuk sakit tenggorokan? Pertanyaan ini sering saja muncul disaat kita mengalami penyakit ringan yang dimaksud. Dan beberapa Obat alami yang bisa sobat gunakan sangatlah sederhana dan mudah didapat pada lingkungan sekitar. Untuk lebih detail, mungkin daftar nama dibawah ini bisa membantu!

6 Obat Herbal Untuk Sakit Tenggorokan

Kayu Manis dan Madu
Kedua bahan ini mempunyai khasiat yang cukup ampuh bagi tenggorokan, selain meringankan sakit dan juga radang, kayu manis sangat bagus untuk mengatasi sesak nafas, batuk dan mengeluarkan dahak. Cara mengolahnya sangat mudah, cukup seduh bubuk kayu manis  yang dicampur dengan madu secukupnya. Minum selagi hangat dan kemungkinan sakit tenggorokan yang sobat alami cepat sembuh.

Berkumur Air Garam
Bahan alami ini menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari dalam dunia kuliner (masakan). Tapi siapa sangka jika dibalik kegunaan tersebut, manfaat lain yang bisa didapat ialah bisa dijadikan antiseptik yang namun membunuh kuman dalam mulut. Air garam yang dijadikan obat kumur, bisa juga mengobati keluhan sakit gigi. Caranya mudah, larutkan 2sdm garam dapur dengan 1/2 gelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur atau juga bisa diminum sedikit untuk sakit tenggorokan.

Buah Belimbing
Sobat sudah pasti kenal dengan buah yang satu ini. Terserah mau memakai buah yang mana (Belimbing biasa dan belimbing wuluh) Pilih salah satu saja. Kenapa menggunakan buah ini? Jika mempelajari lebih lanjut, kedua buah ini mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh atau memperkuat sistem imun. Fungsi lain ialah berguna untuk anti radang(Pembengkakan), sangat cocok untuk mengobati sakit tenggorokan. Untuk penggunaan, bisa sobat variasikan sendiri. (Langsung dimakan atau di jus).

Lemon / Jeruk Nipis
Hampir sama dengan kandungan belimbing, kedua jeruk ini kaya akan antioksidan baik bagi tubuh. Melancarkan sistem pencernaan serta mengatasi gejala yang disebabkan oleh kuman atau virus. Sebagai anti bakteri alami, buah lemon dan juga jeruk nipis bisa dijadikan obat alami untuk batuk, radang tenggorokan serta mengeluarkan dahak. Cara penggunaan cukup mudah, peras 1 buah jeruk nipis atau lemon pada 1/2 gelas air hangat. Minum dan tambahkan juga sedikit garam dapur untuk meredam rasa kecut.

Jahe
Rimpang obat yang satu ini merupakan rempah yang sudah sangat umum dan dikenal oleh khalayak ramai. Fungsinya diketahui sebagai penghangat tubuh dan dijadikan obat herbal untuk masuk angin. Selain menghangatkan tubuh, jahe juga berkemampuan untuk meringankan sesak nafas dan juga sakit pada tenggorokan. Cara menggunkannya cukup dengan menyeduh jahe yang sudah digeprek dan diminum selagi hangat. Untuk menambah kesan lebih nikmat, sobat juga bisa menyertakan sedikit gula.

Bawang Putih
Rempah yang satu ini sangat baik dalam membunuh bakteri (Bawang putih mentah). Cara pemakaian yaitu dengan mengunyah dan menelannya. Bawang putih ampuh juga untuk mengurangi nyeri pada saat sakit gigi.

Cek juga artikel terkait yaitu : Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan

Demikian artikel singkat mengenai 6 Obat Herbal Untuk Sakit Tenggorokan, selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter