-->

Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan

Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan - Tanaman obat yang tergolong dalam klasifikasi kerajaan plantae ini mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Azadirachta indica A. Juss. Selain itu, berbagai nama panggilan daerah juga banyak diketahui seperti : Deun Mimbheh (madura), Mimba (Indonesia), Mimbo (Jawa) Daun Intaran (Bali). Berbagai fungsinya untuk kesehatan boleh dibilang banyak diantaranya untuk menjaga kebugaran serta kinerja dari beberapa organ tubuh.

Ciri-ciri / Deskripsi Tanaman Mimba :
Mimba merupakan tumbuhan perdu yang sering menggugurkan daunnya pada musim kemarau. Ketinggian pohon mencapai sekitar 15m dengan bentuk daun melancip dan pinggirannya bergerigi. Warna daun serta berbuah bulat lonjong berbiji dengan daging buah lendir agak lengket. Untuk lebih jelasnya, silahkan sobat cek lampiran gambar dibawah ini!
Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan
Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan
Bagian tanaman yang paling banyak digunakan ialah pada daunnya. Cara pembuatan cukup mudah serta bahan pendamping juga tidak sulit untuk didapatkan. Sehingga tidak heran jika kalangan masyarakat desa menjadikan daun mimba ini sebagai salah satu alternatif pegobatan tradisional.

Sobat pasti masih bertanya mengenai apa saja senyawa kimia yang terdapat pada daun mimba. Dan kandungan tersebutlah yang berperan penting untuk dunia pengobatan. Untuk itu, disini kami juga melampirkan beberapa kimia alami tersebut. Diantara kandungan daun mimba yang dimaksud ialah : β-sitosterol, Hyperoside, Nimbolide, Quercetin, Quercitrin, Rutin, Azadirachtin, dan Nimbine.

Nah pertanyaan berikutnya ialah : Apa saja Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan? Untuk menjawabnya, berikut ringkasan singkat yang bisa sobat ketahui :
  1. Bersifat anti inflamasi.
  2. Zat alami yang berkemampuan untuk mencegah sel kanker / tumor.
  3. Mengatasi penyakit kulit seperti gatal-gatal dll.
  4. Menurunkan demam.
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi / hipertensi.
  6. Mengobati penyakit kuning atau penyakit yang bermasalah dengan hati.
  7. Penambah selera makan.
  8. Mempercepat mengeringnya luka.
  9. Mengatasi diare / mencret dan disentri.
  10. Pencegahan penyakit malaria.
  11. Menurunkan kadar gula / kolesterol dalam darah.
  12. Mengatasi masalah lambung.
  13. dll.
Dari daftar manfaat yang sudah diketahui diatas, masih juga tersimpan tanda tanya yang perlu juga kami jawab yaitu mengenai penggunaan dan juga pengolahan. Untuk menjadikan daun mimba sebagai jamu, butuh beberapa langkah mudah dan tentunya bahan pendamping yang mampu menyempurnakan khasiat yang bisa didapat. Untuk lebih singkatnya, silahkan sobat cek resep sederhana yang sudah kami sediakan dibawah ini!

Bahan yang dibutuhkan : Siapkan beberapa genggam daun mimba (tergantung kebutuhan), 2 rimpang temulawak atau temu ireng, dan 1 genggam rimpang temu kunci.
Cara mengolah : Cuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk hingga hampir halus. Tambahkan air sekitar 500cc dan didihkan. Tambahkan sedikit garam dapur kemudian saring dan diminum selagi hangat.

Demikianlah artikel singkat mengenai Manfaat Khasiat Daun Mimba Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan tentunya berguna bagi orang yang membutuhkan. Mengenai kurang lebihnya silahkan tinggalkan komentar atau baca postingan kami yang lain dengan melihat related post dibawah! Terima kasih dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter