-->

Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan memang boleh dibilang cukup banyak. Salah satunya ialah untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita sehingga kita terhindar dari yang namanya sembelit atau susah buang air besar. Jika dilihat dari klasifikasi, bunga atau kembang telang merupakan suku dari polong-polongan dan banyak tumbuh dipagar atau pekarangan rumah. Dengan mempunyai nama latin atau ilmiah disebut Clitoria ternatea. Bunga telang sangat umum dikenal sebab tidak begitu banyak nama daerah. Kembang telang dilansir berasal dari Daratan Asia Tenggara yang mempunyai iklim tropis utamanya Malaysia, Indonesia Dan Juga Thailand. Diketiga Negara tersebut kembang telang dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami dan juga pewarna minuman, makanan atau kue.

Ciri / Deskripsi :
Bunga Telang merupakan tanaman merambat dengan menopang pada benda atau tumbuhan lain disekitarnya. Ketinggiannya bervariasi, tergantung pada media ia merambat namun kebanyakan tidak lebih dari 6m. Daun hijau lonjong/bulat telur dan bunganya berwarna ungu agak putih dibagian tengah.
Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan
Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan
Apa saja kandungan zat atau senyawa kimia pada kembang telang?
Jika disebutkan satu persatu, senyawa yang terdapat pada bunga telang terhitung sangat banyak. Dan beberapa diantara kandungan tersebut ialah : Antosianin, Asam Amino, Aparajitim, Kaempfirol, Arabinos, Asam linoleat, Asam stearik beta-sitosterol, Flavonoid, Klitorin, Lakton, Lisin, Oligosakarida, Xilos, Protein, Ramnos, dan Tematin.

Apa saja Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan ?
  1. Mengatasi mata merah karena penyakit dan iritasi.
  2. Melancarkan BAB.
  3. Sebagai diuretik (peluruh kencing).
  4. Mempercepat pematangan bisul.
  5. Menyembuhkan penyakit kulit.
  6. Melancarkan menstruasi atau telat datang bulan.
  7. Menghaluskan wajah dan mengobati jerawat.
  8. dll.
Selain untuk melancarkan haid seperti yang sudah disebutkan diatas, ada khasiat lain yang bisa didapat untuk dunia kecantikan yaitu untuk memperkuat dan menghitamkan rambut. Caranya pun boleh dibilang mudah, cukup haluskan bunga dan gunakan sebagai pengganti sampo.

Bagaimana cara menggunakan atau meracik obat alami dari kembang telang?
Jika hanya ingin digunakan untuk obat luar seperti bisul, sobat hanya membutuhkan beberapa lembar daun, akar atau bunga dari kembang telang. Haluskan bahan kemudian oleskan pada area yang dikehendaki. Sedangkan untuk penggunaan konsumsi, Siapkan seperti bahan diatas, haluskan dan rebus, tambahkan sedikit garam dan juga gula jawa/gula merah. Minum selagi hangat.
 
Demikian bahasan singkat mengenai Manfaat Kembang Telang Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan. Selamat mencoba!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter