-->

Manfaat Tanaman dan Buah Bidara Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Bidara - Tanaman Obat yang satu ini memang jarang didapati pada daerah perkotaan sebab kebanyakan pohon dari Bidara atau sering juga disebut Widara ini sangat tumbuh baik didaerah kering dan tandus.Diduga berasal dari Asia Tengah, Tanaman Bidara juga bisa didapat Di Indonesia khususnya Pulau Jawa. Karena banyaknya suku serta budaya, Tumbuhan obat yang satu ini mempunyai banyak nama panggilan. Beda wilayah beda juga sebutannya. Contohnya pada daerah Madura, Bidara sering dipanggil dengan Bukkol, sedangkan jawa disebut widara dan masih banyak lagi nama lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Namun untuk menyingkat waktu, mari kita lanjutkan bahasan ini.
Manfaat Tanaman dan Buah Bidara Bagi Kesehatan
Manfaat Tanaman dan Buah Bidara Bagi Kesehatan
Ciri dari pohon dari Bidara ini sebenarnya sangat sederhana, Daunnya berbentuk bulat kecil, tangkainya berduri serta buahnya sangat pekat berwarna hijau pada saat masih mudah. Memang agak keras namun ketika sudah matang rasanya berubah kecut. dagingnya lembek serta mempunyai biji yang sangat keras. Daun dari bidara biasanya sering digunakan untuk mendinginkan kepala bayi dengan cara dihaluskan dicampur dengan kunyit.

Klasifikasi dari Bidara masih sama dengan tanaman obat yang lain yaitu dari Kerajaan Plantae, Keluarga dari Rhamnaceae serta mempunyai nama latin atau ilmiah Ziziphus mauritiana. Nah beranjak pada inti bahasan yaitu mengenai khasiat serta manfaat bagi kesehatan, maka sebelumnya tentu kita juga harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan didalamnya. Demi singkatnya waktu, berikut kami sudah rangkum beberapa kandungan gizi serta kimia yang bisa didapat dari Tanaman Obat bidara. Diantaranya adalah : Lemak, Beta Karoten, Vitamin A dan Juga Vitamin C, dll.

Manfaat dan Khasiat Bidara bagi Kesehatan Tubuh :
  • Mengobati penyakit lambung dan usus.
  • Mengatasi kencing nyeri, berdarah atau juga bernanah.
  • Memperlancar pencernaan.
  • Menurunkan panas tubuh atau obat demam.
  • Mempercepat pengeringan luka.
  • DLL.
Itu hanya 5 dari beberapa kegunaan dari tanaman Obat Bidara, masih ada banyak lagi seperti antioksidan, menyehatan mata, dan juga sangat bagus untuk wanita yang sedang diet guna memperlancar penernaan dan mempercepat pengecilan perut buncit.

Untuk pemanfaatan sehari-hari, memang kalangan masyarakat hanya menggunakan Pohon Bidara sebagai bahan Furnture atau mebel dikarenakan kualitas kayunya yang sangat bagus dan juga kuat. Sedangkan untuk daun yang sudah agak tua, kadang juga dijadikan salah satu pakan alternatif untuk ternak seperti sapi dan kambing pada saat musim penghujan.

Nah itulah beberapa Manfaat Tanaman dan Buah Bidara Bagi Kesehatan, dan jika sobat masih bertanya mengenai bagaimana cara mengunakan, sobat hanya butuh merebus daun atau buah dari Tanaman Bidara saja. Untuk memperlengkap, sobat bisa menambahkan kunyit, Temulawak, atau juga temu ireng. Sekian dari kami, semoga ramuan sederhana jamu tradisional singkat ini berguna bagi banyak orang. Terima kasih dan selamat membaca!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter