-->

Tanaman Obat, Manfaat, Khasiat Dan Kegunaannya

Tanaman Obat Keluarga adalah sebuah tumbuhan hasil dari budidaya masyarakat yang sering juga disingkat dengan TOGA. Kenapa disebut demikian? Sebab untuk mendapat dan menggunakannya hanyalah memanfaatkan tanah kosong dipekarangan yang dialih fungsikan sebagai apotik hidup yang berguna untuk memaksimalkan tumbuhan yang mempunyai manfaat dan kahsiat sebagai obat tersebut. Karena dengan begitu, kita tidak perlu pusing untuk membeli obat yang mahal jika masih ada alternatif pengobatan yang tersedia di lingkungan sekitar kita.
Tanaman Obat Dan Khasiatnya
Tanaman Obat, Manfaat, Khasiat Dan Kegunaannya
Tanaman obat sudah dikenal sejak jaman nenek moyang kita, entah itu sebagai jamu kesehatan atau juga sebagai obat luar seperti penyakit kulit dan lain-lainnya. Dari banyaknya tumbuhan yang bisa kita lihat disekitar rumah kita. Kebanyakan mempunyai fungsi sangat baik untuk menjaga dan merawat tubuh untuk tetap sehat, segar dengan cara yang minim efek samping. Tanaman obat untuk sekarang ini sudah banyak dibudidayakan karena mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dan mengenai khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi keampuhan dan kemanjurannya. Oleh karena itu, siapa tahu anda butuh informasi mengenai tumbuhan obat, maka disini kami akan mengupas secara rinci apa saja daftar tanaman yang mempunyai khasiat obat tersebut.

Tanaman Obat sendiri terbagi dalam beberapa varian yang berbeda. Sehingga jenis dan kegunaan dari setiap tanaman mempunyai fungsi masing-masing yang tentunya berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita. Diantara berbagai manfaat tersebut, ada yang bisa kita dapat dari Buah, Bunga, Daun, Biji, Akar, Rimpang, Batang, Umbi, Kulit dan lain-lainnya.Dan untuk melihat secara lengkap mengenai Nama Tanaman Obat Beserta manfaat dan khasiatnya, Berikut sudah kami pilih beberapa Daftar tumbuhan herbal yang mungkin sobat ingin ketahui dan paling umum dicari dengan kata kunci tanaman obat.com dan tanaman obat keluarga.

Dilihat dari varian atau macam diatas, tanaman obat bisa disimpulkan seperi yang dibawah ini!

Tanaman Obat Yang Dimanfaatkan Daunnya
  • Daun Dewa, kangkung, Seledri, Belimbing, Bayam, Kelor, pacar cina, Daun saga, Landep, miana, pepaya, jintan, Blustru, pegagan, kemuning, kumis kucing, murbei, sirih, randu, salam, jambu biji, daun pepaya dan daun sukun.
Tanaman Obat Yang dimanfaatkan Batangnya
  • Brotowali, dadap ayam delima, jeruk nipis, kayu manis, Kemukus dan pulasari.
Tanaman Obat Yang dimanfaatkan Buahnya
  • Jeruk Nipis, mengkudu, Belimbing wuluh, Cabai merah, kemukus, kapulaga, Tomat, manggis dll.
Tanaman Obat Yang Dimanfaatkan Akar atau Rimpangnya
  • Alang-alang, bangle, temulawak, temu giring, temu kunci, Temu Ireng, kencur, kunyit, lempuyang, lengkuas, jahe, temu mangga dll.
Tanaman Obat Yang Dimanfaatkan Bijinya
  • Jamblang, Kecubung, Kedawung, Pala dan Pinang dll.
Tanaman Obat Dari Bumbu dapur
  • Daun pandan, daun salam, cengkeh, cabe, bawang merah, bawang putih, jintan hitam, ketumbar, kencur, kemiri, kayu manis, kapulaga, jeruk purut, santan kelapa, jahe, serai, temu kunci, wijen, selasih, pala, lengkuas, merica, kunyit dll.
Khasiat dan Fungsi Tanaman Obat Biasanya tak luput dari yang namanya penyakit luar dan dalam tubuh kita. Dan kadang juga bisa jadi alternatif sebelum diobati secara lanjut oleh pihak dotker. Tanaman Obat sendiri mempunyai kegunaan masing-masing dan kesemuanya sangat membantu dalam menjaga kesehatan maupun kecantikan jika yang mengkonsumsi adalah kaum wanita.

Adapun yang sering jadi bahan pencarian adalah tanaman obat untuk penyakit :
  • Anti Kanker, diabetes, batu ginjal, asam urat, asma, asam lambung, ambeien, flu, hipertensi, insomnia, lemah syahwat, radang, sakit kepala, darah tinggi, kolesterol, obat anti virus, Obat untuk mimisan, Kram, Stroke, Wasir, Mencret atau diare, darah tinggi, luka dan lain-lainnya.
  • Obat keputihan, Haid tidak lancar, obat alami untuk jerawat, menghaluskan wajah dll.
Untuk melengkapi artikel kami tentang tanaman Obat ini secara tuntas, meski tidak menjelaskan satu persatu, namun kami akan mengambil sebagian beberapa nama tumbuhan tanaman obat diatas dan beberapa manfaatnya juga bagi kesehatan tubuh. Berikut ringkasannya.
  • Daun dewa,  seledri mampu mengobati muntah darah dan juga sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.
  • Brotowali, dadap ayam mengobati penyakit demam dan asma.
  • Jeruk Nipis dan Mengkudu, menyembuhkan Batuk dan Mandel.
  • Jahe, Temulawak sangat Bagus untuk meredam sakit tenggorokan dan menambah selera makan.
  • Jamblang dan kecubung, cocok untuk obat kencing manis dan menyembuhkan bisul.
  • Cabe dan Bawang merah, Cabe sebagai antioksidan dan bawang merah menyembuhkan maag serta sakit perut.
Nah itu dulu mengenai Tanaman Obat Dan Khasiatnya, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi sobat semua. Untuk melihat lebih banyak, silahkan klik pada tulisan yang bercetak tebal diatas atau gunakan bar pencarian dengan kata kunci yang ingin sobat ketahui. Mungkin kami sudah melakukan update dan telah menulis apa yang sobat cari. Sekian dulu ya...! Salam sehat selalu.!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter