-->

Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan

Khasiat Temu Hitam - Pada bahasan kali ini kami akan berbagi mengenai beberapa manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh kita. Masih termasuk dalam suku temu-temuan. Temu ireng ini mempunyai nama latin atau ilmiah Curcuma aeruginosa, Dan tergolong dalam kelompok klasifikasi dari Tanaman Plantae. Temu hitam ini banyak dimanfaatkan sebagai campuran jamu atau minuman sehat tradisional. Sehingga tidak dipungkiri bahwa banyak kalangan masyarakat yang sudah mengetahui dari manfaat serta khasiat temu ireng ini. Bukti dari hal tersebut adalah banyaknya nama panggilan yang berbeda pada setiap wilayah. Seperti halnya temu erang, temu lotong, temu ireng dan juga temu hitam.
Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan
Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan
Temu ireng mempunyai ciri yang hampir sama persis dengan yang lain jika dilihat dari segi tanaman atau tumbuhan. Dan yang berbeda hanyalah pada daging akar atau rimpang yang berwarna ungu agak kehitaman. Maka dari itu banyak orang yang memanggil rimpang obat yang satu ini dengan sebutan temu ireng.

Sedangkan untuk pengolahan dan perkembang biakan, biasanya penanaman menggunakan sistem rimpang. Jadi yang ditanam kembali adalah anak dari rimpang yang masih segar. Sebelum ditanam ditaruh ditanah yang basah atau lembab sampai keluar tunas. Barulah bisa dilakukan penanaman pada media tanah.

Manfaat dan khasiat temu ireng bagi kesehatan boleh dibilang sangat banyak. Penasaran dengan apa saja manfaat temu ireng bagi kesehatan tubuh? Berikut sudah kami rangkum secara ringkas beberapa keterangan mengenai khasiat temu ireng tersebut.

Manfaat Dan Khasiat Temu Ireng bagi kesehatan Tubuh :
  • Mengobatii cacingan pada anak dalam masa pertumbuhan.
  • Mencegah letih, lesu dan menghilangkan capek akibat bekerja berat.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Menambah nafsu atau selera makan
  • DLL.
Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi jamu olahan dari temu ireng tersebut. Cara menggunakan sangat mudah kok. Cukup cuci bersih beberapa rimpang dari temu ireng kemudian parut dan peras airnya. Tambahkan sekitar 400cc air putih lalu rebus hingga mendidih. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam dapur untuk memberi kesan sedap. Minum sehari sekali secara rutin hingga tubuh benar-benar bugar.
Sekian dulu mengenai Manfaat Temu Ireng Untuk Kesehatan, semoga bisa membantu dan berguna bagi sobat yang membutuhkan. Selamat mencoba ya...!

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter