-->

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Khasiat Daun Dan Buah Jeruk Purut memang sudah dikenal sejak zaman dahulu. Umumnya daun tanaman ini digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur karena aromanya yang sangat khas dan menambah selera makan. Beberapa fungsi jeruk purut untuk kesehatan diantaranya ialah melancarkan sistem pencernaan, flu dan bersifat anti-radang. Nah maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tanaman obat, kali ini kami akan mencoba untuk merangkum sedikit keterangan yang membahas tentang manfaat daun dan buah jeruk purut bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jeruk Purut merupakan salah satu tanaman perdu yang dimanfaatkan pada buah dan daunnya. Namun untuk bahasan kali ini, disini kami akan membahas tentang salah satu manfaat serta khasiat yang bisa didapat dari salah satu jenis jeruk yang banyak digunakan daunnya untuk bumbu atau bahan rempah masakan. Jeruk purut mempunyai naman ilmiah Citrus × hystrix dan tergolong dalam klasifikasi kerajaan tumbuhan Plantae. Nah, karena pengetahuan yang sangat sempit, maka mungkin infomasi ini bisa jadi salah satu pedoman yang sedang sobat cari. Memang kebanyakan dari masyarakat menggunakan daunnya untuk dijadikan bumbu. Namun tidak dengan buahnya yang sangat dikesampingkan atau bahkan tidak dimanfaatkan sama sekali. Padahal manfaat terbanyak yang bisa didapat juga terdapat pada buah jeruk purut tersebut.
Sebelum kita kembali pada pokok permasalahan, mari kita lihat dulu kandungan yang terdapat pada buah Jeruk yang berbentuk bulat dan benjol-benjol pada buahnya ini. Diantara kandungan tersebut adalah : Minyak Atsiri, Tanin, steroid triterpenoid, sitrat, saponin dll. Sedangkan untuk pemanfaatan dalam bidang jamu tradisional, sobat bisa melihat ulasan sepintas berikut :

Manfaat Daun Dan Buah Jeruk Purut Untuk Kesehatan :
  • Melancarkan sistem pencernaan dengan cara mengkonsumsi sebagai wedang atau minuman hangat yang diseduh dengan air panas serta ditambah sedikit gula dan garam untuk meminumnya.
  • Mengobat Flu dengan melakukan langkah diatas, dikarenakan kandungan Vitamin C yang banyak, Buah jeruk purut sangat bagus untuk menambah kekuatan sistem imun.
  • Menambah daya tahan tubuh, hampir sama dengan manfaat jeruk yang lain, jeruk purut ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang baik. Sehingga mampu menangkal radikal bebas masuk kedalam tubuh.
  • Ekstrak minyak dari jeruk purut mempunyai daya untuk menghilangkan pusing, stress, cemas serta mengobati lelah atau pegal linu, dikarenakan aroma yang didapat sebagai terapi penyembuhan.
  • Mengobati radang atau pembengkakan pada gusi dengan menggunakan air jeruk sebagai obat kumur.
  • DLL.
Manfaat Jeruk Purut Untuk Kecantikan :
  • Mencegah rambut rontok yaitu dengan mengoleskan perasan air jeruk pada kulit kepala serta sambil memijat lembut.
  • Menghilangkan Ketombe dengan cara mengoleskan perasan air jeruk secara merata lalu diamkan sejenak sebelum dibilas.
  • Memutihkan gigi dengan mengkonsumsi / juga dengan dijadikan obat kumur.
  • Mengurangi kulit kering dan bersisik, hal ini bisa disebabkan karena kulit terlalu kering dikarenakan kurang vitamin. Jadi kulit menjadi kering, serta rentan mengelupas. Sangat sering terjadi pada telapak tangan dan kaki. Untuk penyelesaian, sobat bisa menggunakan manfaat buah jeruk purut yang dibelah dan oleskan airnya pada area kulit yang bersisik.
Nah itu dia sekilas tentang Manfaat Jeruk Purut Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, mungkin dilain waktu kita akan bahas lagi tentang khasiatlain yang tersimpan pada jeruk purut. Namun untuk saat ini sekian dulu, namun jangan lupa sharenya ya...! Agar lebih bermanfaat bagi orang banyak. Thanks,,,!

Tags :
>> Manfaat Dan kandungan Jeruk Purut Untuk Kesehatan
>> Khasiat Jeruk Purut Untuk Kecantikan

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter