-->

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Pandan atau juga dikenal dengan panggilan pandan wangi adalah salah satu tanaman yang mempunyai bau khas dan sangat harum. Biasanya masyarakat menggunakannya sebagai penambah aroma serta pewarna alami pada pembuatan kue maupun minuman. Salah satu bahan pangan yang menggunakan daun pandan ini adalah Minuman Es dawet dan kue kukus yang nikmat. Karena hal tersebut yang membuat pandan ini disukai dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat di pedesaan. Untuk pembudidayaan serta perkembang biakan, pandan wangi ini biasanya banyak tumbuh pada area atau tanah yang mempunyai banyak air seperti di pinggir sungai, Danau atau juga dibelakang rumah tepatnya disamping kamar mandi.

Dengan masih termasuk dalam klasifikasi tanaman kerajaan Plantae, tanaman Pandan mempunyai nama ilmiah Pandanus amaryllifolius. Namun pengetahuan masyarakat hanya terputus pada bahan pangan saja. Tidak banyak yang sadar bahwa pandan ini juga mempunyai manfaat baik bagi kesehatan serta kecantikan. Dalam hal ini juga tidak luput dari kandungannya yang membantu daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit.
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Dengan melihat gambar diatas, mungkin sobat bisa mengenali tumbuhan yang mempunyai aroma harum ini. Dan beberapa Manfaat Daun pandan untuk kesehatan beserta kecantikan, mungkin sobat bisa melihat kutipan dibawah ini!

Manfaat Pandan Wangi Untuk Kesehatan :
  • Sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah
  • Menyembuhkan nyeri otot, Pegal linu maupun rasa capek akibat bekerja.
  • Mengobati lemah syaraf dan meningkatkan kinerja otak.
  • DLL.
Manfaat Daun Pandan Untuk Kecantikan :
  • Menghitamkan rambut secara alami
  • Mencegah rambut rontok dan bercabang
  • Menghilangkan ketombe dan mencegah rambut berminyak
  • DLL.
Pemanfaatan Daun Pandan Sebagai Obat :
  • Untuk obat oles, sobat hanya membutuhkan beberapa helai dari potongan daun pandan. Kemudian rebus hingga mendidih. Tunggu sejenak lalu oleskan pada area yang dirasa pegal.
  • Untuk Penggunaan pada kulit kepala, Dalam hal ini sobat juga membutuhkan buah mengkudu untuk melengkapi proses pembuatan. Dengan memadukan kedua bahan tersebut, sobat rebus hingga berbentuk kental / Gel. Penggunaan akan lebih maksimal jika didinginkan dulu dalam freezer.
  • Untuk Obat Konsumsi, Sobat ambil beberapa helai daun kemudian potong kecil - kecil. Rebus hingga mendidih dan tidak lupa ditambahkan sedikit garam. Selanjutnya minum selagi hangat.
Nah itu dia beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, semoga bisa membantu dan menambah wawasan untuk merawat kecantikan secara alami. Sekian dulu... Jangan Lupa dishare ya...! Thanks...!

Tags :
>> Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan
>> Khasiat Daun Pandan Untuk Kecantikan
>> Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan Wangi Bagi Kesehatan

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter