-->

27+ Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih Mungkin sudah sangat familiar dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat karena sering kali dijumpai dalam berbagai campuran minuman segar. Biji ini mempunyai rasa yang unik sehingga dengan rasa dan kemampuan yang cukup baik bagi kesehatan sangat tidak heran jika biji ini menjasi salah satu favorit untuk dijadikan bahan konsumsi. Jika dibahas secara sepintas, khasiat biji selasih mencakup pencegahan hipertensi, mengatasi stres, mengurangi radang (pembengkakan) dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan cara merendam dan menggunakan biji selasih sebagai salah satu bahan pangan alternatif yang kaya manfaat.

Sedikit deskripsi, Selasih adalah tumbuhan terna yang paling banyak dimanfaatkan pada bagian buah, daun serta bijinya. Dengan mempunyai nama ilmiah Ocimum, Selasih termasuk dalam kelompok klasifikasi tumbuhan yang berkerajaan Plantae. Mempunyai manfaat rempah dan mempunyai rasa yang langu, manis, harum dan menyegarkan. Salah satu dari jenis selasih ada juga yang membuat manusia mabuk, namun tidak semua begitu, salah satunya yaitu kemangi. Selasih diduga berasal dari Asia Tenggara, namun ada juga yang beranggapan bahwa berasal dari Negara India. Tapi untuk seca pasti, belum bisa ditentukan karena tanaman ini sangat mudah ditemukan khususnya pada daerah atau Negara yang mempunyai iklim tropis.
16 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan
16 Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan
Yang menjadikan tanaman ini dikenal ialah penggunaan bijinya atau bisa juga daunnya yang diolah menjadi bahan pangan. Sedangkan yang paling umum untuk dimanfaatkan pada kalangan masyarakat Indonesia adalah bijinya digunakan campuran es. Dan dari berbagai fungsi serta manfaat yang didapat, sangat tidak dipungkiri bahwa biji selasih atau biji kemangi ini memiliki kandungan baik didalamnya. Maka dari itu, sedikit penjelasan kami juga akan melampirkan beberapa kandungan gizi atau kimia didalamnya. Agar anda bisa lebih mudah dalam memahami akan kegunaan serta nutrisi yang bisa didapat dari selasih, berikut kami sudah menyediakan beberapa rangkuman yang juga kami peroleh dari berbagai sumber di internet.

Apa saja kandungan gigi pada biji selasih? Nah, jika yang kami dapat dari sumber terpercaya, biji selasih mempunyai kandungan berupa : Eugenol, Tymol, Dan metal Eugenol. Senyawa ini yang ikut membantu dalam merawat dan menjaga kesehatan tubuh tetap stabil dan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Selain daun kemangi sangat baik untuk dikonsumsi sebagai lalapan, daun ini berkhasiat untuk meringankan sakit tenggorokan, menghilangkan bau badan, menambah selera makan dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi, khasiat biji selasih juga tidak kalah berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Apa anda penasaran dengan segala fungsi biji selasih tersebut? Berikut ini ulasan sepintas mengenai manfaat dan khasiat selasih untuk kesehatan dan kecantikan.

20 Manfaat Biji selasih Untuk Kesehatan :
  • Mengobati stress : Pikiran yang terlalu berat bisa saja menjadikan anda kehilangan kendali dengan pemikiran dan juga merasa jenuh dengan kehidupan sehari-hari. Terkait juga dengan tuntutan kerja, keberadaan keuangan keluarga, atau hal lain yang pada akhirnya menjadikan anda merasa gelisah atau bahkan penyakit sulit tidur (insomnia). Nah, biji selasih akan menenangkan pikiran dan juga mengurangi perasaan murung yang anda alami.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan : Dalam hal ini selasih mempunyai perananan penting dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan sistem pencernaan. Salah satunya ialah sembelit (merasa kesulitan dalam membuang air besar). Jika masalah ini tidak segera anda tangani, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh anda kurang sehat karena bisa menimbulkan wasir dan lain sebagainya.
  • Mencegah Hipertensi : Anda pastinya sudah paham akan hipertensi. Ya,, benar sekali, hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah dalam tubuh melewati batas normal. Dampaknya ialah anda akan lebih cepat marah, sering pusing, dan lain sebagainya. Salah satu solusi yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi biji selasih secara rutin, sebab khasiat dari biji ini bisa melancarkan sirkulasi atau peredaran darah.
  • Peluruh Keringat : Jika anda merasa meriang atau sedang dalam keadaan tidak fit. Maka biji selasih bisa membantu anda dalam mengembalikan metabolisme tubuh menjadi normal. Pada sebagian orang, mungkin akan sangat kesulitan dalam mengeluarkan keringat tapi ada pula yang begitu sangat mudah. Namun jika anda terkendala akan kondisi tubuh yang kurang stabil, terkadang sulit sekali untuk menjadikan badan berkeringat. Jadi dengan mengkonsumsi biji selasih, salah satu masalah anda bisa teratasi karena biji selasih bisa memperlancar keluarnya keringat.
  • Menurunkan demam : Biji selasih mempunyai sifat anti-piretik yang pada dasarnya bisa mendinginkan. Selain cocok untuk demam, penggunaan selasih juga baik untuk panas dalam, sakit tenggorokan dan lain sebagainya.
  • Peluruh Kencing : Konsumsilah biji selasih secara rutin, maka penyakit yang terkait dengan ginjal akan segera bisa ditangani. Biji selasih bisa melancarkan saluran kemih sehingga dikenal juga dengan sbutan peluruh seni. Jika anda merasa kesulitan dalam membuang air kecil, maka biji selasih solusinya.
  • Mengurangi Dampak Nikotin : Selaku anda perokok, tentunya sudah paham akan nikotin yang sebenarnya mempunyai dampak sangat buruk bagi kesehatan. Nah, sebagai anti-sipasi agar tubuh anda tehindar dari berbagai keluhan terkait, maka kalau bisa kurangi atau berhenti merokok dari sekarang. Tapi jika belum sepenuhnya bisa anda tinggalkan, mungkin biji selasih bisa jadi alternatif untuk mengurangi efek yang disebabkan.
  • Sebagai antioksidan : Antioksidan mempunyai fungsi yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Antioksidan ini berperan dalam menjaga daya tahan tubuh (sistem imun) sehingga bisa menangkal radikal bebas dan juga mencegah tubuh terserang penyakit. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa biji selasih sangat bisa meningkatkan sistem imun atau sistem pertahanan tubuh secara maksimal.
  • Bersifat analgesik : Sifat ini sangat membantu dalam meredakan rasa nyeri atau sakit yang ditimbulkan oleh jenis penyakit tertentu. Seperti salah satu contohnya ialah pusing, migrain, luka diluar kulit, dan juga gejala lain seperti rematik, stroke dan lain sebagainya.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal : Salah satu organ terpenting dalam tubuh ialah ginjal yang fungsinya untuk mengatur sekresi pada manusia. Jika kesehatan ginjal terganggu, seperti adanya batu atau yang dikenal dengan kencing batu, maka masalah lain akan kesehatan bisa muncul serta membutuhkan penanganan yang lebih serius. Jadi sekedar untuk berjaga-jaga ada baiknya jika anda mengkonsumsi biji selasih secara rutin.
  • Meringankan Perut Kembung : Jika anda salah dalam mengkonsumsi makanan atau dalam keadaan tubuh sedang tidak optimal, mungkin begah atau kembung pada lambung akan anda alami. Hal tersebut bisa juga dikarenakan naiknya asam lambung sehingga berdampak negatif bagi kesehatan. Jika anda mempunyai masalah maag, mungkin bisa selasih bisa jadi jalan yang lebih hemat jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia.
  • Meningkatkan kinerja hati : Hati mempunyai peranan penting dalam menetralkan serta mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini sangat membantu untuk menjaga metabolisme tubuh dan juga mencegah tubuh keracunan.
  • Bersifat Anti-inflamasi : Biji selasih mempunyai sifat yang baik dalam mengatasi radang atau pembengkakan khususnya pada lambung. Cocok untuk penderita maag dan juga mengurangi bengkak yang terdapat pada saluran pencernaan lainnya.
  • Meringankan Gejala Batuk : Jika anda mengalami penyakit batuk khususnya jenis rejan, maka mungkin selasih salah satu bahan herbal yang cukup ampuh untuk anda gunakan. Biji selasih ini mempunyai kandungan antispasmodic yang bisa meredakan dan sebagai ekspektoran alami yang bisa mengencerkan dahak membandel.
  • Melancarkan Sistem Pernafasan : Jika anda mempunyai masalah tentang sesak nafas atau asma, mungkin selasih ini bisa membantu anda dalam menyembuhkan gangguan kesehatan yang dimaksud. Tidak hanya itu saja, jika digunakan secara baik, benar dan rutin, biji selasih ikut andil dalam menjaga kesehatan paru-paru serta mencegah masalah lain terkait dengan bronkitis.
  • Mencegah Diabetes : Anda mempunyai masalah dengan gula darah? Tentunya penyakit ini sangat berbahaya dan terparahnya bisa menyebabkan luka dan daging meleleh. Gula darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor terbesar ialah pola dan menu makan anda yang tidak terkontrol. Dan dengan biji selasih, gula darah pada tubuh anda akan turun secara perlahan.
  • Mempercepat penyembuhan luka : Biji selasih bisa mempercepat proses penyembuhan luka (khususnya luka bakar) dan juga mencegah terjadinya infeksi lanjutan. Jika anda konsumsi secara berkala, maka luka anda akan lebih mudah kering dan pada intinya akan juga lebih cepat sembuh.
  • Mengatasi Insomnia : Kebiasaan buruk ini bisa dibilang penyakit namun bisa juga dibilang bukan. Sebab insomnia bisa menyerang siapa saja dan pada umumnya terjadi karena kebiasaan begadang. Insomnia merupakan faktor susah tidur yang mungkin akan sangat sulit dihilangkan. Namun dengan adanya selasih, masalah ini mungkin akan lebih mudah diatasi.
  • Menjaga Kepadatan Tulang : Kandungan kalsium yang tinggi pada selasih, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi. Dengan begitu tulang dan gigi anda akan lebih kuat serta terhindar dari yang namanya osteoporosis (pengeroposan tulang).
  • Mengatasi serta mengobati nyeri pada sakit gigi : Sama halnya dengan adanya kandungan kalsium serta sifat analgesik yang terdapat pada biji selasih, maka masalah sakit gigi bisa anda tangani dan sedikit banyak bisa mengurangi nyeri atau cenat-cenut yang ditimbulkan.

Manfaat biji selasih tidak hanya bagi dunia kesehatan saja, melainkan juga sangat baik dalam perawatan kecantikan khususnya bagi kalangan wanita. Nah, guna melengkapi postingan kami akan segala kegunaan biji selasih bagi tubuh, mungkin daftar singkat dibawah ini bisa sedikit menjelaskan tentang semua jawaban dari pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk simak sama-sama!

7 Manfaat Biji Selasih Untuk Kecantikan :
  • Menghaluskan Kulit : Jika kulit anda kering dan kurang elastis, mungkin itu karena dampak bertambahnya umur dan juga berkurangnya kelembapan kulit secara perlahan. Efeknya tersebut sudah sangat umum terjadi sehingga anda dituntut lebih pintar dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit anda secara maksimal. Nah disini biji selasih bisa membantu anda dalam menjaga kulit tetap halus serta melembabkan kulit wajah secara maksimal.
  • Menghilangkan garis halus : Seiring dengan bertambahnya usia, wajah anda akan mulai muncul keriput yang diawali dengan tebentuknya garis halus pada kening dan juga garis senyum pada pingiran bibir serta pipi. Nah, manfaat biji selasih cukup baik dalam menunda penuaan dini dan juga menyamarkan kembali garis-garis yang terdapat pada wajah tersebut secara alami.
  • Mengurangi kantung mata : Gejala ini bisa saja muncul karena mata lelah, sering begadang dan juga karena aktifitas lain yang menjadikan mata bekerja lebih makimal. Sangat tidak heran jika kantung mata menjadi masalah umum yang membutuhkan penanganan khusus. Tapi anda tidak perlu rumit untuk mengatasi hal tersebut, sebab dengan hanya mengkonsumsi biji selasih saja masalah ini bisa anda tangani sendiri dirumah.
  • Mencegah timbulnya jerawat : Tak luput dari tanda penuaan, jerawat pada wajah sering menjadi topik umum yang paling populer bagi semua kalangan. Sebab secara tidak langsung masalah ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan menjadikan wajah tampak lusuh, kotor dan terlihat tidak terawat. Bagaimana solusi terbaik? Tentunya anda harus menjaga kebersihan dengan mencuci muka paling tidak 2x sehari dan juga mengkonsumsi ramuan alternatif yang salah satunya ialah biji selasih.
  • Mengecilkan perut buncit : Perut menjadi buncit dikarenakan adanya penumpukan lemak berlebih dan bisa juga karena gejala tidak lancarnya saluran pencernaan. Jika tidak segera anda tangani, maka bisa jadi hal tersebut menjadi awal obesitas (kelebihan berat badan) sehingga mungkin badan anda tidak lagi terlihat menarik. Alternatifnya ialah dengan menjaga asupan makanan (kontrol dan perhatikan menu yang anda konsumsi) dan juga selalu rajin olahraga serta mengkonsumsi biji selasih sebagai pelancar saluran pencernaan.
  • Menu Alternatif Diet : Konsumsi biji selasih bisa lebih lama menunda lapar sehingga paling tidak bisa mengurangi perasaan ingin makan. Dengan begitu anda bisa menahan rasa lapar dan menunda sampai batas waktu yang sudah dijadwalkan.
  • Baik Untuk Ibu Hamil : Pada umumnya ibu yang sedang menjalani hamil muda akan sering mengalami demam dan suhu tubuh menjadi tidak stabil. Nah, untuk mengatasi pans tersebut, selasih merupakan alternatif terbaik yang sangat aman dan nyaman untuk dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi Biji selasih ini, tak hanya kaum wanita saja, Namun priapun sama. Imbasnya sangat baik untuk kesehatan. Itu berarti, Biji selasih juga bisa jadi salah satu alternatif tanaman Obat yang bisa sobat cari di lingkungan sekitar. Karena tanaman ini sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan khusus, maka mungkin anda bisa menanamnya sebagai apotik hidup dengan kemampuan yang cukup menakjubkan.

Mungkin hanya cukup sekian artikel mengenai 27 +Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan dan juga Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu serta berguna bagi orang banyak. Jangan lupa dishare kepada teman-teman yang lain jika dirasa tulisan ini bermanfaat. Dan semoga kebaikan yang anda dapat lebih melimpah.

Baca Juga : Obat Alami Untuk Darah Tinggi

Tags :
>> Manfaat Daun Dan Biji selasih Untuk Kesehatan
>> Khasiat Biji Selasih Untuk Kecantikan.

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter