-->

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Temulawak adalah adalah satu jenis tanaman obat yang tergolong dalam kelompok temu-temuan. Tumbuhan ini banyak ditemukan didaratan Asia, khususnya Asia tenggara yang salah satunya adalah Indonesia. Tumbuhan Obat Temulawak termasuk dalam klasifikasi dari Plantae, Famili Zingiberaceae dan mempunyai nama ilmiah (Curcuma xanthorrhiza). Tumbuhan banyak sekali manfaatnya bagi kesehata tubuh kita, entah itu untuk pengobatan atau Jamu tradisional.
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Ciri-ciri dari tanaman Temulawak ini sangat identik dengan bentuk rimpangnya yang bercabang kuat. Selain itu, juga mempunyai tinggi pohn sekitar kurang lebih 1 meter, Batang yang berpelepah daun seperti tumpang tindih, Daun lebar berwarna hijau dan bungan berwarna kuning tua.

Budidaya temulawak sangatlah mudah tidak butuh langkah khusus untuk melakukan penanaman, cukup dengan menaruh rimpang pada tanah yang basah sampai keluar tunas, baru selanjutnya bisa ditanam pada media yang lebih luas.

Kandungan yang bisa didapat dari akar atau rimpang temulawak sangatlah banyak, dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : Minyak atsiri (kamfer, glukosida,trumerol dan kurkumin), protein dan karbohidrat. Yang jadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat temulawak? dan Bagaimana cara mengolahnya?

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan :
# Mengobati nyeri otot dan sendi
# Anti inflamasi atau radang
# Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
# Mencegah Penyakit hati
# Menambah nafsu makan
# Diuretik atau peluruh kencing
# Pembersih darah alami

Manfaat Temulawak Untuk Kecantikan :
# Menghaluskan kulit wajah
# Menyembuhkan jerawat serta menghilangkan bekasnya
# Menunda penuaan atau kulit keriput terutama pada bagian kening wajah
# Mencerahkan kulit dan mencegah kering

Khasiat temulawak yang lain bisa kita dapat pada Ibu yang sedang menyusui karena dapat memperlancar ASI. Hal ini bisa dilakukan dengan dibuat jamu atau minuman obat tradisional. Obat ini tidak berlaku pada ibu perempuan dan pria dewasa saja, namun anak-anak juga sangat baik mengkonsumsinya dikarenakan membantu menambah nafsu makan yang dapat menunjang pertumbuhan serta perkembangan pada anak tersebut.

Sekedar tambahan : Untuk mengkonsumsi sebagai jamu, tinggal cuci bersih saja kemudian parut atau haluskan rimpang temulawak tersebut. Kemudian peras dan rebus hingga hampir mendidih, Minum dengan menambah sedikit garam.

Sekian dulu tentang Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Dan Kecantikan ini, Jika masih ada yang kurang, sobat bisa menambahkan dengan berkomentar pada kolom dibawah artikel ini. Jangan lupa dishare ya... Semoga tulisan kami kali ini bisa membantu. Terima kasih.

Tags :
>> Tanaman Obat Temulawak
>> Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan
>> Manfaat Temulawak sebagai obat

Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Our Newsletter